Berkunjung ke Pringsewu, Arinal Tinjau Pembagian BLT

Berkunjung ke Pringsewu, Arinal Tinjau Pembagian BLT

Sebelum ke Pemkab Pringsewu, Gubernur Arinal meninjau pembagian BLT di Kantor Pos Gadingrejo--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Ir. Arinal Junaidi meminta pada ketua DPRD Suherman dan Pj Bupati Pringsewu Adi Erlansyah untuk melakukan penelusuran potensi pengairan di wilayahnya. 

Selain itu kepala pekon dan Camat juga dapat mendukung lahan pertanian berkelanjutan.

Dijelaskan gubernur, meski Pringsewu memiliki bendungan Way Sekampung namun tak dapat teraliri. Mengingat topografi Pringsewu yang lebih tinggi.

"Coba pak ketua dewan dan pak bupati gali potensi. Ada sungai sungai kecil nanti dibuatkan bendungan atau embung  yang dapat untuk mengairi areal persawahan," terang Gubernur Arinal Junaidi. 

BACA JUGA:Usai Aksi Damai, Polres Way Kanan Bersama Mahasiswa Bagikan Bansos

Kemudian potensi ini dikaji dan akan diperjuangkan termasuk ke tingkat pusat.

Di depan para camat, Lurah, kepala pekon termasuk tokoh masyarakat, Arinal juga menyinggung kenaikan BBM. 

Dimana menurutnya kepala pekon dan camat harus bisa mengamankan kebijakan pemerintah pusat serta dapat memberikan pengertian ke masyarakat.

"Jangan jadi kompor, kalau ada letupan siram," ungkapnya. 

BACA JUGA:Warga Minta Perbaikan Jalan Provinsi Antara Puramekar Dengan Ciptawaras

Tak hanya itu Gubernur Lampung dalam forum yang di hadiri Pj Bupati Adi Erlansyah, Ketua DPRD Suherman, Kapolres AKBP Rio Cahyowidi, Dandim 0424 Letkol Mica Aruan, mantan rektor Unila Prof SUGENG itu juga menyampaikan kartu petani berjaya.

Dimana petani dapat memanfaatkan fasilitas KUR kemauan bukan untuk semata  membiayai tanam. Melainkan untuk pengembangan usahanya. 

Terkait lahan pertanian berkelanjutan, Gubernur juga menitip pesan agar mempertahankannya. Yakni dengan tidak gampang mengeluarkan izin alih fungsi.

"Saya mohon pak bupati camat dan instansi jajarannya tak gampang mengeluarkan izin. Ini demi mempertahankan lahan pertanian berkelanjutan," pesannya. 

BACA JUGA:13 Hari Menghilang, Wanita Lansia Ditemukan Tak Bernyawa di Saluran Air

Perkembangan badan usaha milik desa juga menjadi perhatian orang nomor satu di Pemprov Lampung itu. Dimana Bumdes dapat juga berkiprah di bidang perpajakan.

"Fungsikan BUMDES  untuk membayar pajak. Kepatuhan pajak membayar pajak ada insentif yang dapat dijadikan pendapatan bagi daerah dan pekon/desa.

Dalam pertemuan yang digelar di aula Pemkab Pringsewu yang juga dihadiri Sekda Heri Iswahyudi, para pejabat tinggi pratama  tersebut juga diisi dialog dengan peserta yang hadir. 

Sebelum menuju pemkab dihari yang sama Gubernur juga berkesempatan meninjau pembagian BLT di kantor pos Gadingrejo.(sag/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: