Hujan Deras, Jalan lintas Nasional di Peninggaman Dilanda Longsor

Hujan Deras, Jalan lintas Nasional di Peninggaman Dilanda Longsor

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat memicu terjadinya bencana tanah longsor yang menimbun ruas jalan lintas nasional di wilayah peninggaman Pekon Bakhu, Kecamatan Batuketulis, Selasa (6/9/2022) sekitar pukul 16.00 WIB.

Material longsor berupa tanah dan pepohonan itu terseret ketengah jalan hingga menutupi separuh badan jalan. Kendati begitu arus lalulintas dipastikan masih lancar.

Peratin Bakhu Mat Nur mengatakan, longsor itu terjadi pasca wilayah itu dilanda hujan deras sejak pukul 14.00 WIB, kemudian usai reda sekitar pukul 16.00 WIB baru terjadi longsor. Beruntung tidak ada pengendara yang melintas saat kejadian.

“Volume longsor tidak terlalu besar hanya menutupi separuh badan jalan, dan kami langsung berkoordinasi dengan Satgas PB, Tagana dan dibantu masyarakat untuk segera bergotong royong membersihkan longsor agar lalulintas tidak terganggu,” jelasnya.

BACA JUGA:Tak Kuat Menanjak, Mobil L300 Muatan Telur Ayam Terguling

Hal senada disampaikan, Kabid Kedaruratan dan Logistik Mekal Novisa mendampingi Kepala BPBD Padang Priyo Utomo mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan pekon untuk mengerahkan Satgas Penanggulan Bencana Pekon dan Tagana untuk membersihkan longsor. 

“Ya tadi kita sudah koordinasikan ke pekon dan kecamatan, dari pantauan volume longsor tidak terlalu besar sehingga evakuasi masih bisa dilakukan secara manual,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Batuketulis Sri Handayani mengatakan, mengimbau warga khususnya pengendara agar berhati-hati ditengah cuaca ekstrim saat ini, mengingat keberadaan jalan nasional di wilayah Kecamatan Batuketulis sebagian besar berada di bawah tebing yang rawan terjadi longsor.

 

“Pengendara harus selalu berhati-hati karena di beberapa titik jalan nasional ada berada dibawah tebing. Begitupun dengan warga yang bermukim di sekitar tebing juga harus waspada karena tingginya curah hujan saat ini rentan terjadi longsor," pesannya. (edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: