Kompetisi Sains Madrasah Dibuka, Ini Pesan Kasi Penmad

Kompetisi Sains Madrasah Dibuka, Ini Pesan Kasi Penmad

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat MI, MTs dan MA tahun 2022 yang dipusatkan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 dan MIN 2 Lambar resmi dibuka Sabtu 13 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Mukip Zaman, S.Pd, M.M yang dihadiri Kepala MI, MTs, Kepala MA dan guru pembimbing.

KSM tersebut diikuti oleh 243 peserta yakni 35 peserta dari tingkat MI, 95 peserta tingkat  MTs dan 113 peserta dari tingkat MA.

Kasi Penmad Mukip Zaman mewakili Kepala Kankemenag Hi. Maryan Hasan menuturkan bahwa KSM merupakan sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang telah dilaksanakan sejak tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan selanjutnya KSM dilakukan berbasis teknologi sejak tahun 2018 hingga kini.

BACA JUGA:Maknai HUT ke-61, Andy Berharap Pramuka Terus Berperan Ajarkan Nilai-Nilai Kebaikan

“Jadi proses pendaftaran dan seleksi administrasi sampai dengan pelaksanaan tes kita memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi,” ucapnya.

Dijelaskannya, Kompetisi Sains Madrasah 2022 ini dibuka untuk Satuan Pendidikan MI, MTs, dan MA. Dan ada 11 bidang lomba yang terbagi atas mata pelajaran yaitu tingkat MI terdiri dari Matematika Terintegrasi dan Sains Terintegrasi. 

Tingkat MTs terdiri dari Matematika, IPA Terpadu, IPS Terpadu. Tingkat MA terdiri dari mata pelajaran Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi.

Dirinya menekankan agar seluruh peserta dan pengawas menjaga integritas dan sportivitas dalam berkompetisi. Ditegaskan terkait prestasi, tahun ini siswa-siswi Madrasah Banjarnegara harus mampu menjadi juara di tingkat provinsi dan tingkat nasional. 

BACA JUGA:Lampaui Kuota, Disbunnak akan Verifikasi Peserta Pelatihan Kelas Barista

“Ketika siswa-siswi kita dapat menjadi juara di tingkat provinsi maupun nasional maka Madrasah kita pun sudah naik level menjadi Madrasah tingkat provinsi dan nasional,” kata dia.

Dikesempatan itu Mukip juga berpesan agar pelaksanaan KSM Tahun 2022 yang mengangkat tema “Mandiri Berprestasi, Bangkitkan Negeri” itu seluruh seluruh peserta dan pengawas menjaga integritas dan sportivitas dalam berkompetisi. Ditegaskan terkait prestasi, tahun ini siswa-siswi Madrasah Banjarnegara harus mampu menjadi juara di tingkat provinsi dan tingkat nasional.

“Semoga KSM ini bisa menjadi wadah yang positif untuk siswa dalam menunjukkan kemampuan terbaiknya menjadi siswa-siswi yang unggul dan berkarakter, tidak hanya penekanan pada ilmu agama, akan tetapi mampu berkompetisi dalam ilmu sain yang tentunya terintegrasi pelajaran agama,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, pelaksanaan KSM tingkat MA dilaksanakan pada Sabtu (13/8/2022), tingkat MTs, Minggu (14/8/2022) dan tingkat MI dilaksanakan pada hari Senin (15/8/2022). (edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: