Kabar Gembira! Bayi Gajah Jantan Lahir di Lembah Hijau

Kabar Gembira! Bayi Gajah Jantan Lahir di Lembah Hijau

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kabar gembira datang dari Taman Satwa Lembah Hijau, seekor bayi gajah jantan telah lahir dari induk yang bernama Mega pada hari Minggu 7 Agustus 2022 sekitar pukul 7.24 WIB.

Bayi gajah tersebut lahir dengan Berat Badan sekitar 102 kg, panjang badan 111 cm, panjang belalai 33 cm dan Tinggi Badan 86 cm. 

Komisaris Lambat Hijau Irwan Nasution mengatakan, kelahiran gajah yang pertama sejak 6 Tahun lalu tersebut atas bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan dan BKSDA wilayah 3 Bengkulu Lampung.

“Indukan dari pasangan Gajah Sumatera, yang jantan yang bernama Aris dan betina Mega," jelasnya kepada awak media, Senin 8 Agustus 2022. 

BACA JUGA:9 Sapi Terpapar PMK, Dinas Pertanian Lampura Lakukan Lockdown

Menurut Nasution, pihaknya sudah menunggu kelahiran gajah dari pasangan Aris dan Mega sejak mulai dikawinkan 6 tahun lalu.

“Kelahiran bayi gajah ini sebagai kado dari Lembah Hijau untuk Hari Gajah Sedunia tanggal 12 besok juga kemerdekaan RI yang ke-77, dan ini sudah dinantikan cukup lama sejak masa pandemi Covid-19,” tuturnya.

Sementara Kasie 3 BKSDA Bengkulu Lampung Herizon Zawahiri mengatakan, Lembah Hijau yang dalam hal ini telah menjadi taman satwa yang berhasil menjaga populasi gajah Sumatera dan selamat atas keberhasilannya serta mengapresiasi kinerja tim Taman Lembah Hijau dalam membantu kelahiran anak gajah jantan ini.

“Karena ini merupakan kejadian yang langka atas kelahiran juga ini merupakan salah satu upaya kita dalam hal konservasi ini menjaga habitat gajah di sumatera, konservasi tidak hanya di dalam kawasan tetapi luar kawasan juga bisa asalkan kita konsisten merawat habitat gajah," ucap dia 

BACA JUGA:137 WBP Rutan Krui Diusulkan Dapat Remisi HUT RI

Di tempat yang sama Nazaruddin selaku Ketua Forum Mahud Indonesia menjelaskan, bahwa salah satu lembaga konservasi alam yang berada di taman satwa Lembah Hijau mengikuti program, meningkatkan populasi gajah yang ada di sini.

“Kita membuat satu program mengawinkan pasangan gajah Mega dengan Aris, alhamdulillah berhasil dan ini kita lakukan sejak Juli 2020, memang butuh proses panjang untuk melihat keberhasilan dari perkawinan sepasang gajah sumatera ini dengan terus memantau menggunakan CCTV yang terpasang di sekitar tempat induk ini melahirkan," tukasnya.(jim/mlo)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: