Pokja Moderasi Beragama Dikukuhkan, Ini Harapan Kepala Kankemenag

Pokja Moderasi Beragama Dikukuhkan, Ini Harapan Kepala Kankemenag

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepala Kantor Kementerian Agama (kankemenag) Kabupaten Lampung Barat, Maryan Hasan, S.Ag, M.Pd.I, bersama Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Miftahus Surur, S.Ag, M.Si, menghadiri kegiatan pengukuhan kelompok kerja (Pokja) Moderasi Beragama Kementerian Agama Provinsi Lampung yang digelar i Hotel Emersia Bandar Lampung, Selasa 2 Agustus 2022. 

Kegiatan itu dihadiri Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Prof, Dr. H. Nizar Ali, M.Ag, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Puji Raharjo, S.Ag, SS M.Hum, Kabag TU Drs. Hi Marwansyah, seluruh Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota se Prov Lampung, para Kasubbag TU, Ketua FKUB Kab/Kota se-Provinsi Lampung, para Kepala Bidang, Pembimas, beberapa tokoh lintas agama se-Lampung.

Sebagai salah satu peserta yang dikukuhkan menjadi pelopor Moderasi Beragama di Lambar, Kepala Kankemenag Lambar Maryan Hasan mengajak seluruh ASN, terutama di lingkungan Kankemenag Lambar untuk menjadikan Moderasi Beragama sebagai cara mengembangkan dan mewujudkan kehidupan masyarakat yang saling rukun dan saling menghargai serta tidak ada lagi sikap keras dan berlebihan dalam bersikap.

“Moderasi beragama sendiri adalah cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan bernegara,” tegas Maryan. 

BACA JUGA:2022 Menjadi Tahun Capaian Prestasi SMAN I Sekincau

Lanjut dia, terdapat empat indikator sikap moderat, yakni komitmen kebangsaan, sikap toleransi, antikekerasan dan adaptif terhadap tradisi yang sudah mengakar dalam budaya masyarakat Indonesia.

Sementara itu, dalam rilisnya Sekjen Kemenag RI, Nizar Ali menyampaikan kegiatan Moderasi Beragama ini merupakan program prioritas dari Pemerintah. 

Kementerian Agama khususnya mendapatkan amanat untuk melaksanakan program itu karena dipandang sebagai Kementerian yang membidangi keagamaan.

Dengan adanya kegiatan Moderasi Beragama akan membentuk jiwa-jiwa yang memiliki sikap toleransi yang tinggi dalam hubungan sosial dan keagamaan. 

BACA JUGA:Kebakaran! Satu Rumah Depok Kayu di Puralaksana Ludes

“Ini juga sesuai dengan pencanangan tahun ini sebagai Tahun Toleransi oleh Menteri Agama,” ujarnya.

“Moderasi beragama dapat dilakukan dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum, berlandaskan prinsip adil, berimbang dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa,” jelasnya.

Disisi lain Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo turut menambahkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah menjadikan para petinggi Kankemenag sebagai pelopor dan pegiat moderasi beragama di wilayahnya masing-masing.

“Untuk itu juga kami mengingatkan agar Moderasi Beragama menjadi ruh dalam seluruh sikap dan tindakan para ASN Kementerian Agama se-Provinsi Lampung,” harapnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: