Pekon Manggarai Salurkan BLT-DD, Monev APBP dan Posyandu Balita

Pekon Manggarai Salurkan BLT-DD, Monev APBP dan Posyandu Balita

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Manggarai, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) kembali mendistribusikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap ll, terhitung April, Mei dan Juni kepada 81 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kegiatan itu sekaligus Monitoring Dan Evaluasi (Monev) Anggaran Dana Desa (ADD) Dan Anggaran Dana Pekon (ADP) Tahap l, serta Posyandu Balita di balai pekon setempat, Selasa 2 Agustus 2022.

Hadir dalam penyaluran BLT-DD tersebut Sekcam Airhitam Iwan Setiawan, S.Kom, M.M. bersama Kasi Kesra Kecamatan Airhitam, M.Irfan, S.E., dan jajaran, Pendamping Desa dan Lokal Desa, Jajaran LHP, Bidan Desa, Perawat Pekon Dan seluruh aparatur Pekon Manggarai.

Dalam sambutannya Iwan mendampingi Camat Bambang Hermanto, S.Pdi, M.M., yang merupakan sekcam baru di Airhitam  menuturkan BLT-DD ini merupakan realisasi peraturan presiden No.104/2021 dan peraturan menteri desa PDTT No.7/2021, yang mengatur alokasi penggunaan dana desa, pada tahun 2022 dimana anggaran dana desa sedikitnya 40% untuk bantuan langsung tunai.

BACA JUGA:Berusaha Kabur, Pelaku Pencurian di Banjar Ratu Dihadiahi Timah Panas

Artinya penyaluran BLT-DD tahun ini adalah sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam membantu pemulihan ekonomi masyarakat ditengah dampak wabah covid 19.

Dan terkait berharap monev Iwan menyebutkan kegiatan ini bukan  sekedar monev ADD Dan ADP  saja, tetapi betul-betul melihat sejauh mana implementasi dari setiap rencana dan anggaran yang ada di pekon sesuai dengan peruntukkan dan alokasinya, seperti berapa persen anggaran yang telah diserap dan yang belum.

Di samping itu pelaporannya harus dilengkapi seperti Surat Pertanggung Jawaban (SPJ), inovasi, dokumentasi dan bukti fisik belanja yang ada, sehingga dapat meminimalisir dari kekurangan - kekurangan yang ada serta adanya penyimpangan-penyimpangan.

Ia juga berpesan bilamana nanti menurut tim monev ada yang harus dilakukan perbaikan dari hasil monitoring diharapkan kepada pemerintahan Pekon Manggarai untuk segera melakukan perbaikan demi tertib administrasi.

BACA JUGA:Parosil-Mad Hasnurin Beri Bantuan Rp50 Juta dan 100 Sak Semen untuk Pembangunan Masjid Nurul Huda

Peratin Manggarai Sumarno mengingatkan  agar bantuan berupa uang sebesar Rp900 ribu dimanfaatkan tepat guna sebagaimana tujuan di digulirkannya bantuan itu oleh pemerintah, yakni mencukupi kebutuhan pokok, dan kesehatan seperti dibelanjakan untuk membeli sembako atau bidang kesehatan agar dibelikan vitamin. 

Dia juga mengajak agar dalam pembelian kebutuhan - kebutuhan seperti sembako dapat memanfaatkan keberadaan warung  lingkup pekon. Kecuali jika memang apa yang diperlukan tidak ada dalam pekon. 

Hal itu disampaikannya guna pemerataan perputaran ekonomi masyarakat, sehingga warga lain terutama yang punya warung dapat merasakan keuntungan dari penjualan. 

 

Tentang Monev Sumarno berharap apa yang masih menjadi  kekurangan pekon baik dalam pelaporan atau sistem administrasi maupun lainnya dapat terus diberikan penambahan wawasan untuk aparatur pekon. (rin/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: