Besok, Hewan Ternak di Tanggamus Dapat Vaksinasi PMK Booster

Besok, Hewan Ternak di Tanggamus Dapat Vaksinasi PMK Booster

Petugas vaksinator dari Bidang Keswan sedang melakukan vaksinasi PMK pada hewan ternak kerbau.---FOTO DOKUMEN DISBUNNAK TANGGAMUS--

TANGGAMUS, MEDIA LAMPUNG.CO.ID - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Tanggamus, Senin 1 Agustus 2022 akan mulai melakukan vaksinasi PMK dosis kedua atau booster pada hewan ternak di wilayah kerja Puskeswan Kotaagung. 

Meliputi Kecamatan Gisting, Kotaagung, Kotaagung Barat dan kecamatan Kotaagung Timur. 

Hewan ternak akan di vaksin booster, menurut Kepala bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) drh. Ari Priyanto berjumlah 1.000 dosis. 

Selanjutnya 500 dosis untuk vaksin pertama, hewan ternak di wilayah kerja Puskeswan Kecamatan Semaka.

BACA JUGA:Festival Mobil Hias dan Parade Budaya Nusantara Berlangsung Meriah

“Meliputi Kecamatan Wonosobo, Bandar Negeri Semuong, Semaka dan Kecamatan Pematang Sawa,” terang drh. Ari Priyanto mewakili Kepala Disbunnak Kabupaten Tanggamus, Dhani Reza Efriansyah.

Diterangkannya, dari giat vaksinasi hingga saat ini hewan ternak yang telah divaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) berjumlah 3.000, ekor, terdiri dari ternak sapi 2.922 dan ternak kerbau sebanyak 78 eko.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Hingga Selasa 26 Juli 2022, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Tanggamus terus melakukan vaksinasi PMK. 

Kini, giliran hewan ternak di wilayah kerja Puskeswan Kecamatan Bulok. Meliputi Kecamatan Limau, Cukuh Balak, Kelumbayan dan Kelumbayan Barat.

BACA JUGA:Benda Asing Diduga Meteor Bikin Geger, Ini Penjelasan Ahli Astronomi

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) drh. Ari Priyanto mengatakan, dari giat vaksinasi di kecamatan Bulok, sementara tercatat sekitar 300 ternak sapi telah divaksin. 

"Namun kalau untuk giat vaksinasi hari ini, data belum terkumpul,” kata dr.Ari Priyanto mewakili Kepala Disbunnak Tanggamus Dhani Reza Efriansyah, Selasa 26 Juli 2022.

Usai wilayah kerja Puskeswan Bulok, jika vaksin masih ada, kegiatan akan dilanjutkan di wilayah kerja Puskeswan Kecamatan Semaka. 

”Meliputi Kecamatan Bandar Negeri Semuong, Wonosobo dan Kecamatan Pematang Sawa,” sebut drh. Ari Priyanto. 

BACA JUGA:Bawa Kabur Sepeda Motor Warga Hanakau, Pria Ini Diringkus Polisi

”Tapi kalau stok vaksin habis, kita off sementara. Menunggu kiriman vaksin dari provinsi dan pusat,” imbuhnya.

 

Setelah kuota vaksin dikirim dan diterima Disbunnak Tanggamus, baru giat vaksinasi dilanjutkan.(ehl/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: