Benda Asing Diduga Meteor Bikin Geger, Ini Penjelasan Ahli Astronomi

Benda Asing Diduga Meteor Bikin Geger, Ini Penjelasan Ahli Astronomi

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Beredarnya video TikTok sebuah objek menyala dan melayang di langit Lampung membuat geger netizen.

Dalam video yang mendadak viral di Tiktok nampak sebuah benda melayang di langit sambil menyala merah. 

Berbagai komentar dari warganet soal fenomena ini, salah satunya ada yang menghubungkan dengan malam 1 suro, ada juga yang mengatakan itu meteor jatuh.

Ahli astronomi dan astrofisika dari Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin menjelaskan bahwa benda langit itu tampak pada tengah malam tadi merupakan pecahan sampah antariksa milik China.

BACA JUGA:Bawa Kabur Sepeda Motor Warga Hanakau, Pria Ini Diringkus Polisi

"Kalau itu tengah malam tadi, itu adalah pecahan sampah antariksa CZ5B milik RRT (Republik Rakyat Tiongkok)," ujar Thomas, Minggu 31 Juli 2022.

Sampah antariksa itu berbobot 20 ton dengan ukuran 30 meter. Penampakan ini terkonfirmasi pada 30 Juli 2022.

"Alhamdulillah, sampah antariksa besar, bekas roket peluncuran RRT CZ5B berbobot sekitar 20 ton berukuran 30 meter telah terkonfirmasi jatuh di Samudera Hindia tadi malam, 30 Juli 2022, pukul 23.45 WIB," ungkap Thomas, dilansir detikcom.

Dia juga mengatakan bahwa kemungkinan pecahannya juga bisa tersebar di Sumatera hingga Kalimantan Barat dan meminta warga melapor jika melihat objek tersebut.

BACA JUGA:17 Ekor Sapi Mati Mendadak, Diduga Terserang PMK

"Data orbit dari pemantauan space-track.org menunjukkan titik jatuh di barat daya Indonesia. Namun bisa jadi ada pecahannya yang mungkin tersebar sepanjang lintasan terakhir orbitnya yang melintasi Sumatera bagian selatan dan Kalimantan Barat. Bila ada yang melihat objek langit yang jatuh sekitar pukul 23.45 WIB segera melaporkan ke Pusat Riset Antariksa BRIN," ujar Thomas.

"Ada laporan pecahannya terekam oleh kamera pemantau meteor Itera di Lampung dan juga terlihat antara Kalimantan dan Filipina," pungkasnya. (ded/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: