Giliran Ternak di Wilayah Kerja Puskeswan Bulok Disuntik Vaksin PMK

Giliran Ternak di Wilayah Kerja Puskeswan Bulok Disuntik Vaksin PMK

TANGGAMUS, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hingga Selasa 26 Juli 2022 Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Tanggamus terus melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Kini giliran hewan ternak wilayah kerja Puskeswan Kecamatan Bulok. 

Pusat Kesehatan hewan (Puskeswan) Bulok wilayah kerjanya meliputi, Kecamatan Limau, Cukuh Balak, Kelumbayan dan Kelumbayan Barat, kata Kepala bidang (Kabid) Kesehatan hewan (Keswan), drh Ari Priyanto mewakili Kepala Disbunnak Kabupaten Tanggamus, Dhani Reza Efriansyah, Selasa 26 Juli 2022. 

Diterangkannya, dari giat vaksinasi di kecamatan Bulok tersebut, sementara tercatat sekitar 300 hewan ternak sapi telah di vaksin. 

"Namun kalau untuk giat vaksinasi hari ini data belum terkumpul," ungkap Ari Priyanto. 

BACA JUGA:Geger! Warga Pekon Bandarbaru Ditemukan Tewas Gantung Diri

Usai wilayah kerja Puskeswan Bulok, jika vaksin masih ada kegiatan akan dilanjutkan di Wilayah kerja Puskeswan Kecamatan Semaka. 

“Meliputi kecamatan Bandar Negeri Semuong, Wonosobo, dan Kecamatan Pematang Sawa. Tapi kalau stok vaksin habis kita off sementara, menunggu kiriman vaksin dari Provinsi dan Pusat,” pungkasnya.

Setelah kuota vaksin dikirim dan diterima Disbunnak Kabupaten Tanggamus, baru giat vaksinasi dilanjutkan. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Tanggamus, Lampung, terus melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

BACA JUGA:Eva Dwiana Hadiri Penyerahan SK PPPK Guru

Hingga Jumat 22 Juli 2022, realisasi vaksinasi mencapai 1.100 dosis. Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) drh. Ari Priyanto, Minggu 24 Juli 2022 mengatakan, 1.100 hewan ternak sapi yang sudah divaksin itu berada di tujuh kecamatan.

“Masing-masing, Kecamatan Sumberejo 522 dosis, Kecamatan Pulau Panggung 94 dosis, Kecamatan Ulubelu 90 dosis, dan Kecamatan Air Naningan 97 dosis. Selanjutnya, Kecamatan Pugung 248 dosis, Kecamatan Kotaagung Timur 35 dosis, dan Kecamatan Gisting sebanyak 14 dosis,” terang drh. Ari Priyanto mewakili Kepala Disbunnak Kabupaten Tanggamus Dhani Reza Efriansyah.

Dari jumlah hewan ternak yang telah divaksin tersebut, sementara paling banyak di Kecamatan Sumberejo mencapai 522 dosis. Untuk hewan ternak yang berada di sepuluh pekon (desa).

Sedangkan untuk di Kecamatan Kotaagung Timur dan Kecamatan Gisting, vaksinasi baru dilakukan di satu pekon. 

BACA JUGA:Paidi Tarjo Resmi Ditahan, Pemkab Waykanan Belum Tunjuk Pj Kakam Negeri Mulya

Selanjutnya Kecamatan Pugung tiga pekon, Kecamatan Air Naningan sembilan pekon, Kecamatan Ulubelu delapan Pekon, dan Kecamatan Pulau Panggung dua pekon.

Sebagaimana diketahui, setelah empat kecamatan di wilayah kerja Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Pulau Panggung, vaksinasi PMK akan menyasar tiga kecamatan di wilayah kerja Puskesmas Pugung.

Hal ini disampaikan drh. Ari Priyanto, Rabu 20 Juli 2022.

Terpisah, Camat Sumberejo Suwarno menyatakan sangat mendukung kegiatan vaksinasi PMK tersebut.

BACA JUGA:Pembangunan Jembatan Way Billew dan Way Gebang Diterget Rampung Akhir 2022

“Kami sangat berharap kegiatan vaksinasi PMK ini dapat terlaksana dengan maksimal. Sehingga masyarakat bisa merasa tenang terhadap ternak ternak yang mereka miliki," kata Suwarno

 

"Kami sangat mendukung kegiatan vaksinasi PMK pada hewan ternak yang saat ini sedang dilaksanakan," imbuh Suwarno. (ehl/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: