Realisasi Vaksinasi PMK di Tanggamus Capai 1.100 Hewan Ternak

Realisasi Vaksinasi PMK di Tanggamus Capai 1.100 Hewan Ternak

Petugas vaksinator dari Bidang Keswan sedang melakukan vaksinasi PMK pada hewan ternak sapi. FOTO DOKUMEN DISBUNNAK TANGGAMUS--

TANGGAMUS, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Tanggamus terus melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Hingga Jumat 22 Juli 2022 realisasi vaksinasi mencapai 1.100 dosis. 

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan), drh. Ari Priyanto ketika dikonfirmasi medialampung.co.id Minggu 24 Juli 2022 mengatakan, 1.100 hewan ternak sapi yang sudah di vaksin itu berada di 7 Kecamatan. 

Masing-masing, kecamatan Sumberejo 522 dosis, kecamatan Pulau Panggung 94 dosis, kecamatan Ulubelu 90 dosis, Kecamatan Air Naningan 97 dosis. 

“Selanjutnya kecamatan Pugung 248 dosis, kecamatan kota agung Timur 35 dosis dan Kecamatan Gisting sebanyak 14 dosis,” terang drh. Ari Priyanto.

BACA JUGA:Penyakit Kuku Mulut Serang Ibukota Way Kanan, Dinas Terkait Kemana?

Dari jumlah hewan ternak yang telah di vaksin tersebut, sementara paling banyak di Kecamatan Sumberejo mencapai 522 dosis, untuk hewan ternak yang berada di 10 Pekon (desa). 

Sedangkan untuk di Kecamatan Kotaagung Timur dan Kecamatan Gisting giat vaksinasi baru dilakukan di satu Pekon. 

“Selanjutnya Kecamatan Pugung tiga Pekon, kecamatan Air Naningan sembilan Pekon, kecamatan Ulubelu delapan Pekon dan Kecamatan Pulau Panggung dua Pekon,” ungkap drh. Ari Priyanto mewakili Kepala Disbunnak Kabupaten Tanggamus Dhani Reza Efriansyah. 

Sebagaimana diketahui, setelah empat kecamatan di wilayah kerja Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Pulau Panggung, vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) akan menyasar tiga kecamatan di wilayah kerja Puskesmas Pugung.

BACA JUGA:DP3AKB Pesbar Mengutuk Keras Pelaku Persetubuhan Anak

Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan hewan (Keswan) Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Tanggamus drh. Ari Priyanto ketika dikonfirmasi medialampung.co.id, Rabu 20 Juli 2022. 

Menurut drh. Ari Priyanto, hingga pagi hari hewan ternak yang telah divaksin sebanyak 400 ekor. 

"Untuk hari ini, giat vaksinasi masih di wilayah Puskeswan Pulau Panggung," kata drh. Ari Priyanto mewakili Kepala Disbunnak Tanggamus Dhani Reza Efriansyah. 

Ditambahkannya, setelah vaksinasi hewan ternak sapi di wilayah kerja Puskesmas Pulau Panggung selesai, giat vaksinasi dilanjutkan di wilayah kerja Puskesmas Pugung. 

BACA JUGA:Jalan Amblas di Pekon Mekarjaya Dibangun Lewat DD

"Meliputi tiga kecamatan. Masing-masing Kecamatan Talang Padang, Gunung Alip dan Pugung," sebut drh. Ari Priyanto.

Terpisah, Camat Sumberejo Suwarno ketika dikonfirmasi medialampung.co.id menyatakan sangat mendukung kegiatan vaksinasi PMK tersebut. 

"Kami sangat berharap kegiatan vaksinasi PMK ini dapat terlaksana dengan maksimal. Sehingga masyarakat bisa merasa tenang terhadap ternak ternak yang mereka miliki," kata Suwarno 

"Kami sangat mendukung kegiatan vaksinasi PMK pada hewan ternak yang saat ini sedang dilaksanakan," imbuh Suwarno.

BACA JUGA:Viral Penemuan Kontainer Berisi Senjata US Army, Pasi Intel Korem 043 Gatam Angkat Bicara

Diberitakan sebelumnya, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Tanggamus terus melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. 

Sejak Senin hingga Selasa 19 Juli 2022, petugas vaksinator dari Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) masih terus melakukan giat vaksinasi. 

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) drh. Ari Priyanto ketika dikonfirmasi medialampung.co.id mengatakan, petugas telah memvaksin 100 ekor ternak sapi. 

"Sedangkan hari ini target rencananya vaksinasi 300 dosis," kata drh. Ari Priyanto. (ehl/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: