Ketahanan Pangan, Pekon Puramekar Kembangkan Usaha Peternakan Bebek dan Ikan

Ketahanan Pangan, Pekon Puramekar Kembangkan Usaha Peternakan Bebek dan Ikan

Peratin Puramekar Anderi--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Puramekar, Kecamatan Gedungsurian,Kabupaten Lampung Barat (Lambar) akan mengembangkan peternakan Bebek Bertelur dan Budidaya Ikan Lele melalui Program Ketahanan Pangan, Sesuai Keputusan Presiden No.104/2021 dalam pemanfaatan 20% Dana Desa.

Peratin Puramekar Anderi mengatakan,  Sengaja difokuskan bidang ketahanan pangan pada item hewani, agar program ketahanan pangan betul-betul dapat berkembang dan menjadi usaha tambahan warga dalam mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga yang selama ini hanya mengandalkan hasil tahunan dari usaha perkebunan kopi.

Dijelaskannya untuk usaha bebek bertelur, untuk permulaan ini akan di kembangkan oleh Badan Usaha Milik Pekon (Bumpek), yang mana hasilnya akan di kembangkan kepada masyarakat secara berkesinambungan.

"Usaha ternak bebek bertelur ini akan menjadi contoh cara berternak kepada warga, atau upaya memikat minat warga usaha tersebut. Karena kalau langsung dibagikan sementara warga belum melihat langsung seperti apa cara beternak dan bagaimana prosesnya  dikhawatirkan bebek yang dibagikan tidak berkembang," katanya.  

BACA JUGA:Senam Sehat Puskesmas Sumberjaya di Puncak Rest Area Dipadati Peserta

Peternakan bebek bertelur juga akan dikembangkan dengan penjualan telur asin yang  akan menambah penghasilan Bumdes. 

"Saat ini lahan dan kandang sudah kita siapkan tinggal memulai usaha peternakannya," ungkap Anderi.

BACA JUGA:Pemkab Kembali Didesak Perbaiki Akses Jalan Puskesmas Airhitam

Sementara usaha peternakan Ikan Lele akan disalurkan untuk usaha Karang Taruna dan kepada Kelompok Tani Perikanan, sekaligus pemberian bantuan pakan untuk tiga bulan. 

"Untuk ternak lele ini, masing-masing kelompok menyiapkan lahan, dan modal awal nantinya akan dikembalikan ke pekon untuk digulirkan lagi ke kelompok lainnya sampai seterusnya," imbuhnya.  

Salah satunya melalui dua usaha tersebut Anderi berharap usaha masyarakat terus berkembang dan mampu menghasilkan omset harian bulanan dan tahunan.

"Harapan kita harian dari telur bebek, bulanan dari usaha ikan dan tahunan dari perkebunan kopi dan usaha lainnya," tandas dia. (r1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: