RSCM Hingga RS Tiga Matra Bakal Ikut Otopsi Jenazah Brigadir J

RSCM Hingga RS Tiga Matra Bakal Ikut Otopsi Jenazah Brigadir J

JAKARTA, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sejumlah rumah sakit ternama terlibat dalam tim independen yang akan melakukan otopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J.

Diantaranya Rumah Sakit Tiga Matra TNI, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo hingga rumah sakit swasta.

Pengacara keluarga Brigadir J,  Kamaruddin Simanjuntak mengatakan, soal proses otopsi ulang telah dibahas dalam gelar perkara. 

”Telah dibicarakan tadi dalam gelar, bahwa akan dibentuk tim independen. Yaitu melibatkan dokter-dokter forensik gabungan dari RSPAD, RSAL, RSAU, RSCM dan salah satu RS swasta nasional. Termasuk yang diajukan polisi," sebut Kamaruddin Simanjuntak, Kamis 21 Juli 2022. 

BACA JUGA:Gandeng BINDA Lampung, Ketua LPM Pringsewu Gelar Vaksinasi Massal

Dilansir dari Pmjcews.com, Kamaruddin mengaku belum mengetahui pasti kapan jenazah Brigadir J akandiotopsi. Namun, ia meyakini polisi akan segera melakukan proses otopsi. 

"Akan segera. Usulannya sudah disetujui, tinggal penyidik mengkoordinir," imbuh Kamaruddin Simanjuntak.

Sebelumnya, polisi menyampaikan akan menindaklanjuti otopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J. 

Tidak hanya itu. Otopsi akan menggandeng kedokteran forensik dari eksternal.

Diketahui, keluarga Brigadir J menolak hasil otopsi.

BACA JUGA:Bisik-bisik Keras

Untuk itu mereka meminta agar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membentuk tim independen guna melakukan otopsi ulang.

Hal tersebut diungkapkan pengacara keluarga Brigadir J, Kamarudin Simanjuntak saat mendatangi Bareskrim Polri, Jakarta Pusat.

"Kami menolak dan memprotes hasil yang kemarin itu karena kredibilitasnya. Kami mohon dibentuk tim yang baru supaya legal dan dapat dipercaya. Supaya kredibilitasnya bisa dipercaya dan autentik," ungkap Kamarudin Simanjuntak, dilansir pada 20 Juli 2022.

"Kami memohon kepada Bapak Kapolri untuk membentuk tim yang membentuk independen yang melibatkan dokter-dokter yang lain, dokter dari RSPAD, yang kedua RS Angkatan Laut, ketiga RSCM, terus dari rumah sakit swasta," imbuhnya.

BACA JUGA:Kejari Way Kanan Tahan Kakam Negeri Mulya

Kamarudin menyebut tim independen diperlukan untuk melakukan otopsi ulang. Sebab pihak keluarga merasa banyak kejanggalan dalam kasus tewasnya Brigadir J.

"Mereka bekerja bersama-sama agar ini semua bisa transparan, mengapa kita menolak autopsi yang lalu karena kan matinya itu tembak-tembakan, tapi dari RS Polri tidak ada komentar," tuturnya. 

Diketahui, perwakilan keluarga mengungkap temuan di balik kematian Brigadir J. Ada dugaan ia dijerat dari belakang. 

Hal tersebut disampaikan tim pengacara keluarga Brigadir J di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu sore, 20 Juli 2022. 

BACA JUGA:Bobol Kontrakan di Pekon Watas, Maling Gasak Sepeda Motor

Kamarudin Simanjuntak menyatakan, pihaknya diundang oleh penyidik guna mengikuti gelar perkara awal. 

Ini terkait dengan laporan dugaan pembunuhan berencana.

"Tentang adanya laporan kami dugaan tindak pidana pembunuhan dengan berencana dimaksud pasal 340 KUHP juncto pasal 338 junto pasal 351 KUHP juncto pasal 64 perbuatan berlanjut juncto pasal 55 tentang penyertaan juncto pasal 56 tentang Perbantuan," kata Kamarudin Simanjuntak di Bareskrim Polri, Rabu 20 Juli 2022. 

Kamarudin menegaskan, pihak keluarga yakin telah terjadi tindak pidana sebagaimana dimasukkan dalam laporan.

BACA JUGA:Kebocoran Pipa PHE OSES Belum Berdampak ke Perairan Pahawang

Dasarnya, mereka memiliki barang bukti yang mengarah kepada dugaan pembunuhan berencana.

"Ternyata Brigadir Yosua ini sebelum ditembak, kami mendapatkan lagi luka semacam lilitan di leher. Artinya ada dugaan bahwa Brigadir ini dijerat dari belakang,” tandasnya.

“Jadi di lehernya itu ada semacam goresan yang keliling ke kanan dan ke kiri seperti ditarik pakai tali dari belakang dan meninggalkan luka dan memar," imbuh Kamarudin Simanjuntak, sebagaimana dilansir dari Pmjnews.com. 

Kamarudin Simanjuntak menegaskan pihaknya meyakini ada tindak pidana terencana oleh pihak tertentu. Itu kemungkinan tidak dilakukan oleh satu orang. 

Sebab ada yang diduga berperan menggunakan senjata api, menjerat leher dan memakai senjata tajam. (*)

 

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Radarlampung.disway.id dengan judul : Rumah Sakit Tiga Matra TNI dan RSCM Turun untuk Otopsi Ulang Jenazah Brigadir J

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: