Bakesbangpol Gelar Sosialisasi Pemilihan Umum Kepada Organisasi Kelembagaan

Bakesbangpol Gelar Sosialisasi Pemilihan Umum Kepada Organisasi Kelembagaan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Lambar menggelar sosialisasi pemilihan umum kepada organisasi kelembagaan di Aula Kantor Kecamatan Sekincau, Senin (18/7).

Dalam sambutan Bupati Parosil Mabsus yang dibacakan oleh Kabid Politik Dalam Negeri dan Ormas Pangku Hazaroni mengungkapkan, pelaksanaan pembangunan nasional dilakukan dengan berbagai bidang dan semua aspek kehidupan masyarakat baik fisik maupun mental spiritual yang harus dilaksanakan secara terpadu, terus menerus dan berkesinambungan guna mewujudkan tercapainya cita-cita nasional yang tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut Pangku, maka keberhasilan pembangunan nasional sebagai pengamalan pancasila bergantung kepada partisipasi masyarakat, sikap mental dan semangat penyelenggara negara serta partisipasi seluruh lapisan masyarakat.

“Saya menyambut baik dilaksanakannya sosialisasi pemilihan umum kepada organisasi kelembagaan ini dalam memberikan pemahaman, wawasan dan pengetahuan masyarakat, sehingga masyarakat menjadi paham dan mengerti mengenai regulasi yang mengatur penyelenggaraan pemilu, susduk MPR, DPR, DPD, dan DPRD, tentang partai politik dan sebagainya,” ucapnya.

BACA JUGA:Sembilan Parpol Cairkan Dana Bantuan Keuangan

Sementara dalam laporannya Panitia Pelaksana Muhizar Efendi mengatakan, penyelenggaraan sosialisasi pemilihan umum kepada organisasi kelembagaan dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman untuk memantapkan semangat persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka menciptakan dan memelihara iklim yang kondusif guna pelaksanaan program-program pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan yang sangat diperlukan sebagai upaya untuk meredam gejolak sosial dan suhu politik yang berpotensi menimbulkan perpecahan.

Sedangkan tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk mengingatkan warga negara akan pentingnya arti kehidupan bersama atas dasar persamaan hak dan kewajiban di hadapan hukum dan sebagai pembentukan cara pandang yang sehat dan wajar mengenai masa depan bangsa yang bersatu, berdaulat serta semakin mantapnya stabilitas politik yang dinamis menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024. 

“Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan selama empat hari di empat lokasi yaitu Kecamatan Sekincau Senin (18/7), Kecamatan Batuketulis (19/7), Kecamatan Sumberjaya pada Senin (25/7) serta Kecamatan Belalau pada Selasa (26/7) mendatang,” ungkap Muhizar seraya menambahkan, peserta sosialisasi terdiri dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Penggiat Pariwisata dan Media dalam wilayah Kecamatan Sekincau, Batu Ketulis, Belalau dan Sumberjaya.

Masih kata dia, adapun materi kegiatan sosialisasi pemilihan umum kepada organisasi kelembagaan, yaitu Kodim 0422 LB dengan materi Antisipasi Kerawanan Politik Jelang Pemilihan Umum 2024 disampaikan oleh Kodim 0422 LB, Polres Lambar dengan materi Antisipasi Penyebaran Hoaks dan Pencegahan Polarisasi Masyarakat Menjelang Pemilihan Umum 2024, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Lambar dengan materi 

 

Penyelesaian Sengketa Proses Pemilihan Umum, serta KPU dengan materi “Undang-Undang Republik Indonesia No.7/2017 tentang Pemilihan Umum”. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: