Sebulan, Dua Orang Tewas Tenggelam di Danau Ranau, Warga Minta Pengunjung Waspada

Sebulan, Dua Orang Tewas Tenggelam di Danau Ranau, Warga Minta Pengunjung Waspada

Danau Ranau--

LAMBAR MEDIALAMPUNG.CO.ID - Peringatan waspada disampaikan untuk para pengunjung yang berwisata ke kawasan pantai Danau Ranau, di Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat.

Hal itu menyusul adanya dua orang pengunjung yang tewas tenggelam saat berenang di wilayah tersebut. Sehingga bila tidak berhati-hati, taruhannya adalah nyawa. 

Hal demikian disampaikan salah satu tokoh masyarakat atau putra daerah setempat, Andy Pitrian.

Ia menjelaskan, selain arus danau yang terkadang kuat, di hamparan pantai danau itu juga ada semacam tumbuhan yang mudah melilit yakni ganggang danau atau dikenal dengan bahasa wilayah itu galong. 

BACA JUGA:Siswi SMA N 1 Liwa Tenggelam Saat Mandi di Danau Ranau

"Kita ketahui bahwa dalam kurun waktu satu bulan ini, atau dari awal hingga pertengahan bulan juli ini sudah ada  dua nyawa melayang. Ini harus menjadi peringatan untuk para pengunjung," kata Andy.

Jika hendak mandi, pastikan pengunjung memiliki kemampuan untuk berenang dan tidak disarankan mandi apabila arus danau ranau sedang deras.

"Kemudian yang harus menjadi perhatian agar pengunjung tidak mencari ikan dengan cara menyelam atau memanah maupun menjaring di dekat keramba jaring apung, karena di seputaran KJA tepatnya pada kedalaman 35 meter ada aliran listrik untuk penerangan KJA," kata dia.

Selain itu, di seputaran KJA juga terdapat banyak kayu dan bambu yang digunakan para pembudidaya ikan untuk penunjang komponen KJA. Sehingga keberadaannya dapat merusak alat pencari ikan dan membahayakan para perenang.

BACA JUGA:Kapolsek Balikbukit Turun Cek TKP dan Cek Kondisi Korban Tenggelam

"Jadi kami berharap pengunjung betul-betul memahami peringatan yang ada untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,"pesannya.

Sekadar diketahui, dalam kurun waktu satu bulan terakhir, setidaknya ada dua korban tenggelam di Danau Ranau. 

Kasus teranyar, seorang siswi SMAN 1 Liwa meninggal dunia usai tenggelam saat mandi di pantai danau di wilayah Pekon Sukabanjar, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat, Jumat (15/7) sekitar pukul 15.30 WIB.

BACA JUGA:Pergi Memanah Ikan di Danau Ranau, Warga Pekon Jagaraga Ditemukan Tenggelam

Saat itu, korban yang bernama Ivana (18) Warga Pekon Padangdalom, Kecamatan Balikbukit berenang bersama rombongan peserta kemah Pramuka.

Sementara kasus sebelumnya terjadi pada Senin (11/7) sekira pukul 11.30 WIB. 

 

Korban yang juga tewas tenggelam adalah Samiri (31) warga Pemangku Negeriagung, Pekon Jagaraga, Kecamatan Sukau, ditemukan meninggal dunia saat memanah ikan di sekitar Dermaga Teluk Tuba, Pekon Kagungan, Kecamatan Lumbokseminung.(edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: