Program Ketahanan Pangan, Desa Jatimulyo Bangun Jalan Usaha Tani

Program Ketahanan Pangan, Desa Jatimulyo Bangun Jalan Usaha Tani

--

LAMSEL, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Di Tahun 2022 ini, Pemerintah Pusat menerbitkan kebijakan terkait pemanfaatan 20% Dana Desa untuk program ketahanan pangan.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.104/2021 Tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2022.

Dimana ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun mutunya, aman, merata dan terjangkau.

Oleh Karena itu Pemerintah Desa Jatimulyo Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan merealisasikan 20% program Program Ketahanan Pangan berupa pembangunan jalan usaha tani di RT 037 Dusun 4 sepanjang 326 meter.

BACA JUGA:Matahari di Atas Ka'bah, Waktunya Cek Ulang Arah Kiblat!

Sekdes Sidik Priyanto mewakili Kades Jatimulyo Sumardi, SE., mengatakan, program ketahanan pangan dari Anggaran Dana Desa sebesar 20% digunakan untuk pembangunan Rabat beton menuju jalan usaha tani sepanjang 326 m dengan lebar 3 m dan ketebalan 13 cm yang menelan anggaran Rp.156.509.500.

"Mudah-mudahan dengan dibangunnya jalan pertanian ini dapat meningkatkan pangan para petani di desa Jatimulyo sehingga dapat ketersediaan gizi bisa tercapai, serta bisa meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya petani yang ada di desa Jatimulyo," kata Sidik, Jumat 15 Juli 2022.

BACA JUGA:Terdakwa Kasus Surat KPK Palsu Divonis Dua Tahun Penjara

Selain untuk pembangunan jalan, lanjut Sidik, Desa Jatimulyo juga memberikan bantuan berupa pupuk sejumlah 6,8 ton kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) di wilayah setempat.

Sementara Plt Camat Jatiagung Fitri Hidayat, S.Sos., MM., mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan oleh pemerintah Jatimulyo yang sudah merealisasikan pembangunan jalan tani yang diambil dari anggaran Ketahanan Pangan dari Dana Desa.

“Inilah wujud perhatian dari pemerintah selepas pandemi Covid-19 melanda, sehingga pemerintah Desa Jatimulyo bisa merealisasikan pembangunan jalan pertanian ini," singkatnya.(wji/mlo)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: