Launching Geopark Suoh Ditargetkan Tahun Ini

Launching Geopark Suoh Ditargetkan Tahun Ini

Medialampung.co.id - Taman Bumi (Geopark) Komplek Kaldera Suoh Lampung Barat ditargetkan dilaunching pada tahun 2022 ini. 

Geopark adalah wilayah terpadu yang terdepan dalam perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan, dan mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat 

Berbagai persiapan terus dilakukan Pemkab Lampung Barat untuk mewujudkan itu, dengan bekerjasama dengan Tim Ahli dari Fakultas Teknik Geologi (FTG), Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Lampung serta perwakilan Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BB-TNBBS) Lampung.

Kajian yang sebelumnya telah dilakukan Tim Ahli FTG Unpad dengan jajaran Pemkab Lambar dalam pemetaan geodiversitas di wilayah Suoh dalam mendukung pengembangan kawasan Geopark Suoh, telah ditindaklanjuti dengan dilakukannya audiensi yang dipimpin langsung oleh bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus.

”Selain mendukung kelayakan sebagai geopark, kajian yang telah dilakukan ditujukan untuk meningkatkan potensi wisata di Lampung Barat. Sebagai pariwisata yang khas, tentunya akan menyajikan keragaman dengan mengembangkan kawasan yang memiliki keragaman geologi, keragaman hayati, serta keragaman budaya,” ungkap Parosil.

Sebelum dilakukan launching Geopark Suoh di tahun 2022 ini, Parosil meminta jajarannya melakukan kajian kembali bersama dengan tiga kabupaten tetangga yang memang berbatasan langsung dan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

"Sebelum launching geopark ini, kita harus duduk bareng, bersama Pemkab Lampung Barat, Tanggamus, Pesisir Barat dan Lampung Utara dan difasilitasi oleh Provinsi, kalau Pemkab Lampung Barat saja yang bergerak tidak jalan," imbuhnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: