Pertumbuhan UMKM Meningkat, Pemprov Fasilitasi Pendampingan dan Pinjaman KUR

Pertumbuhan UMKM Meningkat, Pemprov Fasilitasi Pendampingan dan Pinjaman KUR

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, Samsurijal Ari--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Seiring melandainya pandemi Covid-19 pemerintah melakukan pemulihan ekonomi nasional. Salah satu yang membantu pertumbuhan ekonomi yakni usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 

"Mereka yang bergerak di sektor UMKM di tengah pandemi Covid-19 masih bisa melakukan pemasaran melalui digital market atau online," Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, Samsurijal Ari

Lanjutnya, dengan tidak ada pembatasan dan bisa melakukan pemasaran secara langsung ini merupakan kesempatan bagi para pelaku UMKM. 

"Dengan sudah melandainya Covid-19 saat ini pelaku UMKM sudah bisa melakukan pemasaran secara langsung. Artinya ini kesempatan bagi UMKM memaksimalkan Pemasaran produknya," terangnya. 

BACA JUGA:Gubernur Tandatangani Naskah Hibah Daerah Aplikasi KPB

Lanjutnya, pertumbuhan UMKM di Lampung meningkat sekitar 9-10% per tahun.

"Berdasarkan data Online Data System (ODS) Diskop UMKM mencatat rata-rata pertumbuhan UMKM di Lampung yang tersebar di 15 kabupaten/ kota pertahun sekitar 9-10 persen dari 2020-2021 dan 2022," jelasnya. 

Menurutnya banyak orang putus kerja, dipecat selama pandemi, sehingga ada peningkatan jumlah UMKM.

"Dalam menyikapi UMKM ini, kami lakukan dua penguatan dari sisi SDM agar kualitas UMKM meningkat dan kedua kita melakukan pembiayaan terkait kelembagaan UMKM itu sendiri," ujar dia.

BACA JUGA:Dinas Perikanan Pesbar Ingatkan Nelayan Pentingnya “Life Jacket”

Kemudian ia mengatakan untuk Koperasi di Provinsi Lampung saat ini terdata sebanyak 5.200. 

Dari total tersebut 40 persen mengalami mati suri.

"Terkait itu Pemprov Lampung memfasilitasi dalam rangka pendampingan. Bagaimana cara mendorong kemajuan Koperasi dan UMKM seperti pelatihan dan memfasilitasi dalam bantuan lembaga pengelola dana bergulir (LPGB) dan peminjaman KUR," pungkasnya. (ded/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: