Dinas Perikanan Pesbar Ingatkan Nelayan Pentingnya “Life Jacket”

Dinas Perikanan Pesbar Ingatkan Nelayan Pentingnya “Life Jacket”

Ilustrasi jaket pelampung (Life Jacket)-pixabay@distelAPPArath-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kembali mengingatkan seluruh nelayan betapa pentingnya life jacket atau jaket pelampung saat melaut mencari ikan. Hal itu sebagai antisipasi nelayan tenggelam jika terjadi kecelakaan laut.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesbar, Armen Qodar, S.P, M.M., mengatakan, hingga kini masyarakat nelayan di Pesbar masih banyak yang tidak melengkapi peralatannya saat melaut. 

Salah satunya dengan tidak mengenakan jaket pelampung, padahal peralatan jaket pelampung merupakan paling utama, sehingga sangat penting sebagai kelengkapan bagi nelayan.

“Jika terjadi kecelakaan laut, setidaknya bisa mengantisipasi nelayan tenggelam, jangan sampai di wilayah perairan Pesbar ini kembali terjadi musibah nelayan yang meninggal akibat tenggelam,” katanya, Senin (11/7).

BACA JUGA:Gelar Operasi Yustisi Cegah Penularan Covid-19

Mengingat, kata Armen, belum lama ini di wilayah perairan pantai Siging Kecamatan Ngaras terjadi musibah kecelakaan laut yang menyebabkan perahu nelayan yang berisi empat orang nelayan itu dihantam ombak dan tenggelam, hingga mengakibatkan satu nelayan meninggal akibat tenggelam.

Kondisi itu salah satunya karena nelayan yang pergi melaut dengan menggunakan perahu jukung itu tidak menggunakan jaket pelampung.

“Sehingga, dengan adanya nelayan yang meninggal karena tenggelam yang terjadi belum lama ini, harusnya menjadi perhatian bersama. Terutama bagi nelayan maupun pihak terkait lainnya,” jelasnya.

Sehingga, kata dia, kedepan nelayan benar-benar melengkapi semua peralatan saat hendak melaut mencari ikan, salah satunya dengan menggunakan jaket pelampung. 

BACA JUGA:Minggu Ini, Kegiatan Tambal Sulam Dilanjutkan

Sebelumnya, Pemerintah Pusat maupun Provinsi dan juga Pemkab Pesbar ini pernah memberikan bantuan stimulan berupa jaket pelampung kepada sejumlah kelompok nelayan yang ada di Pesbar ini. 

Bantuan jaket pelampung untuk nelayan yang sudah sering direalisasikan itu sebagai salah satu upaya agar masyarakat dalam hal ini nelayan benar-benar memperhatikan keselamatannya saat melaut.

 

“Karena itu, kita kembali mengingatkan nelayan, agar dapat mengindahkan imbauan dari Pemkab setempat ini karena itu untuk kepentingan bersama, dan juga kepentingan keselamatan nelayan itu sendiri,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: