KPPN Liwa Beri 20 Penghargaan dari Delapan Kategori

KPPN Liwa Beri 20 Penghargaan dari Delapan Kategori

Medialampung.co.id - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Liwa Lampung Barat yang juga membawahi Kabupaten Pesisir Barat, memberikan penghargaan kepada satuan kerja di lingkup KPPN setempat. 

Penghargaan dengan delapan kategori (enam kategori Satker dan dua kategori spesial) dimaksud yakni Peringkat Terbaik IKPA Satuan Kerja Kategori Pagu Kecil (Rp 500 juta - Rp3 miliar), Kategori Pagu Sedang (Rp3 miliar-Rp6 miliar), Kategori Pagu Besar (di atas Rp 6 miliar), Tim Pelaporan Keuangan Terbaik, Bendahara Penerimaan Terbaik, Bendahara Pengeluaran Terbaik, Operator Terbaik dan Satker Pengguna KKP Terbaik.

Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan   Focus Group Discussion (FGD) Aspek Hukum Pengelolaan Keuangan Negara, Sosialisasi Antikorupsi dan Penyerahan Penghargaan Satuan Kerja Lingkup Pembayaran KPPN Liwa di Aula Integritas KPPN Liwa pada Kamis (31/3).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Kuasa Pengguna Anggaran maupun perwakilan Satuan Kerja Mitra KPPN Liwa, Kepala KPPN Liwa dan punggawa KPPN Liwa. Hadir pula sebagai narasumber Kasubsi Penyidikan Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Lampung Barat, Sofyan Agung Maulana.

Dalam sambutannya, Kepala KPPN Liwa, Ma’ruf, mengungkapkan, terkait korupsi, ia mengingatkan melalui satu ungkapan   setetes tapi bening, walaupun sedikit rejeki yang penting berkah. Ini bisa kita aplikasikan dalam pengelolaan keuangan negara.

Sementara, kegiatan dimulai dengan FGD Aspek Hukum Pengelolaan Keuangan Negara, di mana narasumber Sofyan Agung Maulana memaparkan mengenai pengenalan dan pemberantasan korupsi dikaitkan dengan pengelolaan keuangan negara. 

“Disini kita akan blak-blakan, agar Bapak Ibu semua lebih mengerti dan kedepan para KPA dan Bendahara dapat memahami aspek hukum dari tindakan korupsi,” ungkap Sofyan. 

Diskusi berjalan lancar dan menarik dengan disepakatinya tiga upaya yang paling ampuh untuk memberantas korupsi yaitu sinergi antar lembaga, efek jera, dan keteladanan dari semua pemimpin dari level paling tinggi ke paling rendah. 

Pada kesempatan tersebut Kepala Seksi Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal KPPN Liwa, Nurul Cahya Ari Rahutami, juga turut melakukan Sosialisasi Antikorupsi dalam upaya pencegahan korupsi dan menanamkan budaya antikorupsi. 

“Hari ini kami ingin sharing dengan Bapak Ibu tentang bagaimana penanaman budaya antikorupsi di Kementerian Keuangan sehingga kami harapkan bisa menjadi inspirasi yang dapat juga diterapkan pada unit kerja Bapak Ibu” ungkap Nurul.

Menjelang penyerahan penghargaan Satuan Kerja, Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker KPPN Liwa Sumiyati, juga memaparkan secara gamblang bagaimana perhitungan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) yang dijadikan dasar pemberian penghargaan satuan kerja. 

“IKPA dapat dijadikan alat kontrol pimpinan untuk melakukan pengawasan pengelolaan kinerja keuangan yang pada akhirnya dapat menjawab tantangan pengelolaan keuangan masa depan untuk mencapai good governance.” ungkap Sumiyati. (*) 

Daftar Penerima Penghargaan

Satuan Kerja Kategori Pagu Kecil (Rp 500 juta sampai dengan Rp 3 miliar)

Peringkat Pertama : KPU Lampung Barat (656731)

Peringkat Kedua  : KPPN Liwa (634572)

Peringkat Ketiga : Kantor Kementerian Agama Kab. Pesisir Barat (418886)

Satuan Kerja Kategori Pagu Sedang (Rp. 3 miliar s.d. 6 miliar)

Peringkat Pertama : Kantor Kementerian Agama Kab. Pesisir Barat (401837)

Peringkat Kedua : Kejaksaan Negeri Lampung Barat (559932)

Peringkat Ketiga : Rumah Tahanan Negara Krui (406591)

Satuan Kerja Kategori Pagu Besar (di atas Rp 6 miliar)

Peringkat Pertama : Kantor Kementerian Agama Kab. Lampung Barat (547513)

Peringkat Kedua : Badan Pusat Statistik Kab. Lampung Barat (552560)

Peringkat Ketiga : Madrasah Aliyah Negeri 1 Pesisir Barat (554155)

Tim Pelaporan Keuangan Terbaik

Peringkat Pertama : Kantor Kementerian Agama Kab. Pesisir Barat (401837)

Peringkat Kedua : MTsN 1 Lampung Barat (425002)

Peringkat Ketiga : Cabang Kejaksaan Negeri Lampung Barat di Krui (007350)

Bendahara Penerimaan Terbaik

Peringkat Pertama : Lidia Pantau (Pengadilan Negeri Liwa 614884)

Peringkat Kedua : Samharudin (Pengadilan Agama Krui 402331)

Peringkat Ketiga : Julaina Ramud (Kejaksaan Negeri Lampung Barat 559932)

Bendahara Pengeluaran Terbaik

Peringkat Pertama : Suherman (Kantor Kementerian Agama Kab. Lampung Barat 547512)

Peringkat Kedua : Dwi Mulia (Pengadilan Negeri Liwa 614883)

Peringkat Ketiga : Patriana (Madrasah Aliyah Negeri 1 Pesisir Barat 554155)

Operator Terbaik

Arya Kamandanu (Kantor Kementerian Agama Kab. Pesisir Barat 418180 & 418578)

Satuan Kerja Pengguna KKP Terbaik

Pengadilan Negeri Liwa (614883)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: