Komite Teater DKL Gelar Workshop Penyutradaraan

Komite Teater DKL Gelar Workshop Penyutradaraan

Medialampung.co.id - Komite Teater Dewan Kesenian Lampung (DKL) menggelar workshop penyutradaan. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dari Kamis-Sabtu (29-31/7) ini menghadirkan narasumber Iswadi Pratama (Sutradara Teater Satu), Ari Pahala Hutabarat (Teater Kober) dan Imas Sobariah (Anggota Akademi Lampung dan Aktivis Teater) digelar di Gedung Kesenian Lampung , Way Halim , Bandar Lampung.

Menurut Ketua Komite Teater DKL, Desi Sudanti, workshop penyutradaraan ini ditaja dalam rangka pembekalan Festival Dramatic Reading yang bakal digelar digelar oleh Komite Teater Dewan Kesenian Lampung, September 2021 mendatang.

Lebih lanjut, Desi Susanti memaparkan, workshop ini bertujuan , antara lain pertama, mampu memberi penyegaran baik dari segi bentuk maupun konten kegiatan sehingga mendatangkan antusiasme dari kalangan pelaku seni maupun masyarakat dan stakeholder yang dilibatkan. 

Kedua, mampu memberikan peningkatan kapabilitas pelaku seni dan merangsang munculnya apresiasi baru dari masyarakat terhadap bidang seni teater. Ketiga, memberikan pengalaman baru bagi pelaku seni yang terlibat. 

Keempat, memiliki dampak secara langsung bagi ekosistem kesenian khususnya teater di Lampung dan Kelima, adanya kontinuitas/keberlanjutan bentuk dan konten kegiatan sehingga menjadi agenda rutin yang dapat menjamin proses kreatif pelaku seni dengan cara menjadikan kegiatan rutin komite teater DKL ini sebagai bagian dari agenda mereka berkesenian.

“Untuk peserta workshop sengaja dibatasi hanya 6 orang saja yaitu, khusus sutradara , karena menerapkan protokol kesehatan yang berlaku,” terang Desi.

Kata dia, enam orang sutradara dari enam grup teater terpilih yang masih aktif berproses dan memiliki SDM yang mumpuni se-Provinsi Lampung; Abdul Duma (Teater Malam - Metro), Asep Kurniawan (Teater Jabal - Tanggamus), Rian Krama Yudha (Sanggar Seni Gauri - Lampung Barat), (Novian Pratama - Teater Kurusetra - UKMBS Unila), Naomi Ambar Wulan (Teater UKM KSS – FKIP Unila) dan Baysa Deni (Teater Orion - Bandar Lampung).

Lebih lanjut, Desi memaparkan, hasil dari workshop nantinya akan tampak pada Pagelaran Pertunjukan Festival Dramatic Reading yang akan digelar di bulan September. 

“Selama proses latihan peserta juga akan mendapatkan fasilitas mentoring oleh para narasumber selama dua kali latihan agar bisa dievaluasi sehingga bisa tercapai tujuan dari project ini,” imbuh Desi

Sedangkan materi yang disampaikan para pengampu lanjut Desi, diantaranya; tentang bagaimana menafsir naskah dan menemukan sisi menarik dan keindahan yang ada dalam naskah tersebut sehingga bisa mewujudkan es itu di atas panggung estetika dalam bentuk pertunjukan. Kemudian , bagaimana sutradara membuat perencanaan pertunjukan yang menjadi landasan dan dasar sutradara untuk menggarap pertunjukan sehingga tidak hanya mengandalkan naluri dan intuisi saja.

“Teknik-teknik menggarap pertunjukan dramatic reading, dan bagaimana membuat pertunjukan dramatic reading yang menarik dan bisa dinikmati oleh penonton, juga menjadi materi workshop,” pungkas Desi.

Dilain pihak, Kabid Kebudayaan Riyadi Andrianto, S.H mendampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Barat Bulki, S.Pd, M.M, mengungkapkan, Sutradara yang juga Ketua Sanggar Seni Gauri Kabupaten Lambar Rian Krama Yudha mengikuti workshop penyutradaraan yang digelar Komite Teater Dewan Kesenian Lampung (DKL) di Gedung Kesenian Lampung , Way Halim, Bandarlampung, Kamis-Sabtu (29-31/7).

“Utusan dari Kabupaten Lampung Barat yang mengikuti workshop itu Sutradara yang juga Ketua Sanggar Seni Gauri Kecamatan Sumberjaya Rian Krama Yudha,” ujar Riyadi

Pihaknya berharap dengan adanya workshop tersebut tentunya Rian akan mampu membawa pencerahan di dunia penyutradaraan dan dunia perteateran di Lampung Barat. Khususnya dalam penyutradaraan seni drama tradisional yang tetap menjaga nilai-nilai kearifan lokal namun disukai oleh para seniman muda, kalangan milenial dan masyarakat Lampung Barat tentunya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: