Rutan Krui Buka Layanan Kunjungan Tatap Muka

Rutan Krui Buka Layanan Kunjungan Tatap Muka

Media Lampung - Disway National Network-medialampung.co.id---

PESISIR BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) kembali membuka layanan kunjungan tatap muka oleh keluarga kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP). 

Layanan tatap muka itu akan dimulai, Minggu (10/7) mendatang, bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Kepala Rutan Kelas IIB Krui, M.Hendra Ibmansyah, S.H, M.H., melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Dadang Adi Patianum, S.H., mengatakan, rencana dibukanya kembali layanan kunjungan tatap muka itu merupakan instruksi dari Kemenkumham RI. Hal itu untuk pemenuhan hak-hak narapidana dan tahanan, salah satunya di Rutan Kelas IIB Krui.

“Dalam layanan tatap muka itu, bagi keluarga yang datang untuk membesuk WBP harus tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes),” katanya, Selasa (5/7).

BACA JUGA:Anggota Polri-TNI Hingga Warga Dapat Penghargaan dari Kapolres Pringsewu

Menurutnya, berdasarkan instruksi dari pusat, untuk membuka kembali layanan tatap muka itu ada beberapa kriteria persyaratan. Antara lain, pengunjung yang hendak membesuk secara tatap muka merupakan keluarga inti dari WBP itu sendiri, dengan dibuktikan membawa kartu keluarga atau KTP. 

Kemudian, pengunjung telah menerima vaksin ketiga (booster) yang dibuktikan dengan aplikasi Peduli Lindungi atau sertifikat vaksin.

“Tapi, bagi pengunjung yang belum menerima vaksin lengkap, wajib menunjukkan rapid test atau swab antigen dengan hasil negatif Covid-19, atau surat keterangan sehat dari rumah sakit,” jelasnya.

Ditambahkannya, jika semua persyaratan itu belum terpenuhi, maka pengunjung tetap dilayani untuk membesuk WBP itu secara virtual. Kini Rutan Kelas IIB Krui juga masih tetap memaksimalkan persiapan untuk layanan kunjungan bagi WBP itu yang diperkirakan akan membludak. 

BACA JUGA:Marak Pencurian, Pemilik Burung Berkicau Resah

Terlebih saat Hari Raya Idul Adha mendatang, karena dimulainya layanan kunjungan tatap muka di Rutan Kelas IIB Krui itu bertepatan dengan hari Raya Idul Adha.

“Untuk layanan kunjungan setelah Hari Raya Idul Adha nanti juga akan dimaksimalkan kembali, seperti sembelum pandemi Covid-19” kata dia.

Dikatakannya, momen Hari Raya Idul Adha ini diharapkan benar-benar dimanfaatkan dengan maksimal, untuk di Rutan Kelas IIB Krui ini, setiap warga binaan yang melakukan kunjungan tatap muka ini hanya mendapatkan kesempatan satu kali kunjungan dalam setiap pekannya pada jam kerja, dengan waktu kunjungan maksimal selama 15 menit.

“Kunjungan bisa dilakukan setiap jam kerja yakni Senin-Sabtu dengan jadwal mulai pukul 09.00-14.30 WIB. Terkecuali untuk hari Jumat, batas jam besuk itu hanya sampai dengan pukul 11.00 WIB,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: