Pemkab Pesbar Dapat Tambahan 4 BTS Untuk Wilayah Terpencil

Pemkab Pesbar Dapat Tambahan 4 BTS Untuk Wilayah Terpencil

Ilustrasi menara BTS-pixabay@652234-

PESISIR BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia (RI) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) kembali akan menambah pembangunan Base Transceiver Station (BTS) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar).

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotik) Kabupaten Pesbar, Suryadi, S.Ip, M.M., mengatakan, sebelumnya BAKTI Kemenkominfo tahun anggaran 2022 merencanakan akan menambah pembangunan BTS satu unit untuk di wilayah Pekon Way Haru Kecamatan Bangkunat.

“Tapi, dari hasil koordinasi kita ke Kemenkominfo untuk di Pesbar kembali mendapat tambahan tiga unit pembangunan BTS, sehingga total menjadi empat unit BTS,” katanya, Senin (4/7).

Dijelaskannya, penambahan empat unit BTS itu akan di bangun di wilayah Pekon terpencil di Kecamatan Bangkunat, yakni di Pekon Way Haru, Bandar Dalam, Way Tiyas, dan Siring Gading. Sehingga, keseluruh tahun ini aka nada empat unit BTS itu selesai dibangun, maka jumlah BTS di wilayah terpencil itu terdapat tujuh unit BTS.

BACA JUGA:Logistik Pilpratin Didistribusikan Pertengahan Juli 2022

“Karena di tahun sebelumnya ada tiga unit BTS yang telah dipasang oleh BAKTI Kemenkominfo,” jelasnya.

Masih kata dia, belum lama ini BAKTI Kemenkominfo melalui pihak ketiga juga telah selesai melakukan survey di lokasi empat Pekon yang akan dipasang BTS tersebut, dan hasilnya sudah memenuhi persyaratan. 

Sehingga saat ini Pemkab setempat juga masih melengkapi persiapan administrasi termasuk administrasi lahan hibah dari masyarakat untuk lokasi BTS tersebut.

“Mudah-mudahan kedepan dalam pembangunan BTS di wilayah itu dapat berjalan dengan maksimal, sehingga di tahun 2022 ini jaringan internet dan jaringan telepon di wilayah terpencil itu tidak lagi terhambat,” kata dia.

BACA JUGA:Tim Penilaian Lomba Desa Kunjungi Kelurahan Pringsewu Barat

Ditambahkannya, Pemkab Pesbar hingga saat ini juga masih menunggu jadwal dari BAKTI Kemenkominfo mengenai rencana mobilisasi peralatan BTS dan juga pembangunannya. 

Tentunya dalam mobilisasi nanti juga diharapkan bisa berjalan lancar, mengingat kondisi akses jalan di wilayah itu masih cukup sulit terutama jika turun musim penghujan.

 

“Kita berharap tahun ini pembangunan penambahan empat unit BTS di wilayah Way Haru bisa selesai tepat waktu, sehingga kedepan masyarakat tidak lagi kesulitan untuk mendapat layanan jaringan internet maupun jaringan telepon,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: