Tim Penilaian Lomba Desa Kunjungi Kelurahan Pringsewu Barat

Tim Penilaian Lomba Desa Kunjungi Kelurahan Pringsewu Barat

Caption tim penilai lomba kelurahan tingkat provinsi Lampung diketuai Staf ahli bidang politik hukum pemerintahan Saiful Darmawan Medan PJ bupati Pringsewu Adi Erlansyah meninjau sejumlah stand saat penilaian di kelurahan Pringsewu Barat. -Foto Agus-

Medialampung.co.id - Berkah lomba kelurahan, kediaman Sukini (60) dan Sabi'is (60) di Kelurahan Pringsewu Barat turut menjadi perhatian tim penilai lomba kelurahan tingkat provinsi Lampung, Senin (4/7). 

Kedua pemilik rumah diketahui merupakan penarik becak dan berkat kegotong Royongan warga serta LKKS berhasil membangunkan rumahnya menjadi layak huni. 

"Ya kedua rumah warga itu juga sempat dipantau oleh tim," terang Lurah Pringsewu Barat Cecep Irawan. 

Dikatakannya, sebelumnya rumah kedua warganya itu bak kolam saat hujan turun.

"Sana-sini bocor, selain itu kondisi bangunan juga sangat sangat tak layak," jelasnya. 

BACA JUGA:Persiapan Wukuf, Jamaah Haji Asal Pringsewu Dapat Pembekalan

Warga terketuk hatinya sehingga dengan sukarela ikut mensuport bantuan yang juga diberikan LKKS.

"Ada yang menyumbang material bekas yang masih bisa dipakai kita pasang tapi banyak juga yang memberikan baru, serta bantuan lainnya," tambah Cecep bersama tokoh masyarakat setempat H. Safroni. 

Kegotong Royongan warga ini sekaligus membuktikan bila di Pringsewu meski sudah di bilang perkotaan namun masyarakatnya masih memiliki empati. 

Sementara itu tim penilai lomba kelurahan di Pringsewu Barat diketuai Staf Ahli Bidang Politik Hukum Pemerintahan Saiful Darmawan didampingi Pj Bupati Adi Erlansyah sekda Heri Iswahyudi serta ketua TP PKK juga melakukan penilaian di sejumlah tempat. 

BACA JUGA:Bapenda Waykanan Lakukan Pemetaan PBB di Kecamatan Negeri Agung

Diantaranya petani bawang merah binaan dinas Pertanian, Kopi Veteran Umbar, Batik Ramones Art, kain tapis, TPS3R serta yang lainnya. 

Pada kesempatan itu Pringsewu Barat juga menampilkan sejumlah unggulan untuk memudahkan pelayanan masyarakat. 

Melalui aplikasi Sewuati dan Getuksewu masyarakat dapat terlayani secara online.

"Membuat surat-menyurat warga cukup mengirim identitas diri melalui whatsapp, bila surat telah jadi baru warga datang untuk mengambil," jelas lurah Pringsewu Barat Cecep Irawan bersama camat Pringsewu Moudy Ary Nazolla. 

BACA JUGA:Hendak Bersandar, Kapal Feri Tabrak Fender Dermaga

Begitu juga bila ada tamu dari luar Pringsewu untuk mencari alamat misal wisata religi KH Gholib cukup datang ke kelurahan dan scan barcode. 

"Akan muncul di aplikasi dan langsung dibimbing ke lokasi," akunya. 

Melalui kegiatan ibu-ibu UP2K yang ada di kelurahan juga mampu berinovasi. Mulai dari mengolah umbi umbian yang sebelumnya tak di lirik, hingga mampu menarik minat untuk mencobanya. 

Bahkan dapat mendatangkan nilai ekonomis. "Seperti keripik talas, talas untuk es krim, talas untuk nugget. Serta inovasi lainnya," terangnya.

BACA JUGA:Anggota LMP Kota Bandarlampung Jadi Korban Pengeroyokan

Juga untuk olahan sayuran, dimana ibu ibu menyiasatinya dengan membuatnya menjadi mie.

”Namanya layur jini, anak yang tak suka sayuran akhirnya mau memakannya karena dibuat mie instan. Ini terobosan yang dilakukan ibu ibu," beber Cecep Irawan. 

Sedangkan tim penilai lomba kelurahan tingkat provinsi Lampung diketuai Staf ahli bidang politik hukum pemerintahan Saiful Darmawan mengatakan penyelenggaraan pemerintah desa maka pemerintah menerbitkan peraturan menteri Dalam negeri No.8/2015 tentang evaluasi desa dan kelurahan. 

Evaluasi perkembangan desa dan kelurahan adalah suatu upaya penilaian tingkat penyelenggaraan pemerintahan kewilayahan dan kemasyarakatan yang didasarkan pada instrumen evaluasi perkembangan desa dan kelurahan guna mengetahui efektivitas dan status perkembangan serta tahapan kemajuan desa dan kelurahan instrumen evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

"Untuk itu pihaknya salah satunya melakukan penilaian di kelurahan Pringsewu Barat," ungkapnya.(sag/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: