CJH Lamtim Siap Menuju Arafah

CJH Lamtim Siap Menuju Arafah

Petugas haji daerah Lamtim cek makhtab di Arofah.--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Para calon jamaah haji (CJH) asal Indonesia termasuk dari Kabupaten Lampung Timur mulai mempersiapkan diri menuju Arafah untuk melaksanakan wukuf. 

Ahmad Faozi selaku petugas haji daerah Kabupaten Lamtim menjelaskan, kesiapan itu menyusul penetapan hari Arafah untuk Wukuf dari Pemerintah Arab Saudi, yaitu pada 9 Dzulhijjah 1444 hijriah atau Jumat 8 Juli 2022. "Wukuf merupakan puncak pelaksanaan ibadah haji," jelas Ahmad Faozi melalui pesan Whatsapp, Minggu (3/7).

Dilanjutkan, pelaksanaan Wukuf pada 8 Juli 2022 itu disebut haji akbar karena tepat di hari Jumat. 

"Pelaksanaan wukuf tepat di hari Jum'at merupakan suatu anugerah terindah dalam beribadah haji. Sebab, pahala haji akbar sama dengan 70 kali haji. Atau seperti Hajinya Rasulullah SAW," lanjut Ahmad Faozi.

BACA JUGA:Dibebastugaskan dari PDIP, Rizky Mengaku Legowo

Lebih lanjut dijelaskan, dari Maktab menuju Arafah kurang lebih jaraknya 2,5 km. 

Menurutnya, sudah ada 7 titik pos Polisi yang merazia kendaraan dari Mekkah menuju Arafah. Setiap kendaraan pasti diberhentikan untuk pemeriksaan kartu atau tanda haji yang disebut Kartu Tasyrik. 

"Kendaraan tanpa kartu itu pasti disuruh putar balik," lanjut Ahmad Faozi.

Masih menurut Ahmad Faozi, saat ini Arafah terus berbenah menyambut 1 juta lebih calon jamaah haji dari seluruh dunia. Dari 1 juta CJH itu, 85% untuk kuota jamaah di luar Arab Saudi dan 15% untuk jamaah warga Arab Saudi sendiri. 

BACA JUGA:Hadiri Peringatan Satu Abad PSHT, Musa Ahmad Diangkat Jadi Warga Kehormatan

Sedangkan, jumlah jamaah asal Indonesia mencapai 100.051 atau terbanyak dari seluruh dunia. Dari jumlah itu, 3.198 merupakan CJH asal Lampung. 

Kesiapan Arafah dapat dilihat ketika sudah memasuki wilayah Arafah. Polisi sudah mulai mensterilkan wilayah Arafah dengan ketatnya penjagaan pintu masuk ke wilayah Arafah.

Memasuki Maktab di Arafah nampak para pekerja sibuk menyelesaikan pekerjaan masing-masing. Ada yang memasang AC, alas tenda, memasang kasur dan memperbaiki lampu jalan. 

Di Arafah Para CJH asal Lampung rencananya ditempatkan di Makhtab 18. Insya Allah H -3 semua sudah siap.

BACA JUGA:Ikut Car Free Day, Dian Aprianto Diangkat Jadi Tenaga Ahli DLH Bandarlampung

Fasilitas mewah tampak terlihat pada setiap tenda, seperti AC, Kasur dan tempat air panas. Jamaah Haji tahun ini benar-benar istimewa dalam fasilitasnya. 

"Haji reguler tapi berasa Haji Plus, pokoknya semua jamaah haji merasa senang dan puas dalam fasilitas dan pelayanan," terang Ahmad Faozi.

Ditambahkan, untuk persiapan menuju Arafah pendamping haji daerah telah mengecek Mahktab sekaligus memasang tanda untuk lokasi CJH asal Lamtim yang tergabung dalam kloter 13. 

"Insya Allah, Kamis (7/7) semua jamaah akan bergeser ke Arafah untuk melaksanakan Wukuf. Kemudian, bermalam di Mudzalifah dan Mina sampai melempar Jumrah sampai hari Senin baru kembali ke Mekkah lagi," imbuh Ahmad Faozi.

Kesempatan yang sama Ahmad Faozi memohon doa dari masyarakat Indonesia termasuk Lamtim agar seluruh CJH dalam kondisi sehat sehingga dapat melaksanakan rukun dan rangkaian ibadah haji dengan lancar. (wid/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: