Jelang Idul Adha, Pemkab Lampura Vaksinasi Hewan Ternak

Jelang Idul Adha, Pemkab Lampura Vaksinasi Hewan Ternak

--

LAMPUNG UTARA, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Untuk memastikan kesehatan pada hewan ternak, menjelang hari raya Idul Adha Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kamis (30/6).

"Memang, penyakit ini bukanlah penyakit yang membahayakan bagi manusia, (PMK) mendapat menimbulkan kematian pada ternak sapi, oleh karena itu kami ingin memastikan bahwa hewan-hewan ternak di kabupaten Lampung Utara terbebas dari penyakit PMK," ucap Wakil Bupati Lampura Ardian Saputra.

‎Langkah antisipasi ini merupakan hal yang wajib dilaksanakan karena sebentar lagi akan menghadapi hari raya Idul Adha. 

Hewan-hewan ternak seperti sapi menjadi salah satu hewan kurban yang paling diminati oleh masyarakat. 

BACA JUGA:Bupati Tanggamus Launching Posko PMK

Dengan vaksinasi ini diharapkan bisa mencegah penularan wabah PMK pada hewan-hewan ternak.

"‎Sejatinya vaksinasi yang dilakukan kali ini adalah yang ketiga, namun memang peluncurannya secara resmi dilakukan hari ini," jelas Ardian Saputra.

Sementara Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten Lampura, Sofyan menambahkan, sejauh ini telah ada 3-4 kabupaten di Lampung yang telah terpapar PMK. Namun, Lampura tidak termasuk ke dalamnya.

Kendati demikian, berdasarkan informasi, sejumlah hewan ternak di beberapa desa telah menunjukkan gejala ke arah sana. ‎Inilah mengapa harus dilakukan vaksinasi pada hewan-hewan ternak. 

BACA JUGA:Realisasi Vaksinasi PMK di Lambar Tembus 60.25 Persen

‎Adapun jumlah vaksin PMK yang telah diterima di Kabupaten Lampura dari Pemprov Lampung adalah 3.500 dosis.

"Dan yang telah terdistribusikan ada 600 dosis‎, belum termasuk pelaksanaan hari ini,” kata Sofyan.

Sejauh ini, lanjutnya, vaksinasi ‎telah dilakukan di Kecamatan Kotabumi, Abung Surakarta, Kotabumi Selatan, dan Abung Semuli.

 

“Kita optimis target 3.500 dosis vaksin yang diterima akan selesai pada 5 Juli 2022, mengingat populasi ternak sapi di Lampung Utara lebih dari 30.000 ekor hewan ternak," ucapnya.(adk/ozy/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: