Junaidi Lantik Pengurus Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka Balikbukit

Junaidi Lantik Pengurus Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka Balikbukit

Medialampung.co.id - Peran serta gerakan pramuka sebagai generasi muda  dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan hari ini yang semakin kompleks sangat diperlukan, hal ini sesuai dengan Satya Pramuka kedua yang berbunyi “Menolong sesama hidup dan ikut serta Membangun Masyarakat".

Demikian disampaikan Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Balikbukit Drs. Junaidi Jamsari, M.M., pada saat melantik kepengurusan Dewan Kerja Ranting Kecamatan Balikbukit bertempat di Sekretariat Kwarran Balikbukit, Minggu (6/3)

Hadir dalam kegiatan pelantikan tersebut yaitu Ketua Harian Indra Maizar, Wakil Ketua Binamuda Andriani.

Sedangkan pengurus Dewan Kerja Gerakan Pramuka Balikbukit masa bakti 2021-2024 yang dilantik yaitu Ketua Andika Alfarizi, Wakil Ketua Selvie Driyana, Sekretaris Aji Pangestu, Wakil Sekretaris Nuryulia Maha Rhany, dan Bendahara Yunisa Aulia Damayanti. 

Menurut Junaidi, ditetapkannya adik-adik menjadi pengurus dewan kerja ranting Pramuka masa bakti 2021-2024 bukan tanpa alasan, karena berdasarkan hasil seleksi dan penilaian melalui kegiatan orientasi dan seleksi yang telah diikuti 41 orang selama  tiga hari  yaitu Jumat-Minggu (4-6/3) dengan kegiatan wawancara, talent dan tes tertulis, dengan Ketua Sangga Kerja PAW, Adeno Prananda. 

“Saya percaya adik-adik akan dapat mengemban tugas dan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” kata dia.

Sebagaimana dituangkan dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No.005/2017 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Dewan Kerja disebutkan bahwa Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega merupakan wadah pembinaan dan pengembangan kaderisasi kepemimpinan sebagai bagian dari Kwartir dalam mengelola Program dan Kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Terhadap tugas dan peran kepengurusan DKR, kata Junaidi yang perlu menjadi perhatian adik-adik antara lain pertama yaitu program Kerja yang adik-adik susun harus menjadi tolak ukur dan acuan keberhasilan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di tingkat Kwartir Ranting Balikbukit.

Kedua, dalam rangka mewujudkan Sistem Informasi dan Bank Data Kwartir Ranting maka peran serta adik-adik Dewan Kerja Ranting merupakan ujung tombak untuk dapat mewujudkan semua itu.

Ketiga, berbagai perhelatan kegiatan berskala nasional, dimulai tahun 2021 lalu, kwartir nasional telah melaksanakan Perkemahan Wirakarya di Jambi dan Peran Saka di Bangka Belitung. 

Kedepannya ada banyak kegiatan bergengsi tingkat nasional yang akan menjadi PR kita bersama, agar Kwartir Ranting Balikbukit dapat ikut serta berpartisipasi dalam Event di Tingkat Nasional.

Terlebih menghadapi kegiatan jambore nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 mendatang.

“Alhamdulillah Kwartir Ranting Balikbukit tingkat penggalang terpilih  dua orang putra yang akan mengikuti ajang bergengsi dalam kegiatan Jambore Nasional di Cibubur, sedangkan pada tahun lalu Kwartir Ranting Balik Bukit juga telah mengirim satu orang penggalang putri pada Kegiatan Perkemahan Wirakarya di Jambi. Ini prestasi yang cukup membanggakan," ujar Junaidi.

Namun demikian kita tidak boleh lupa diri, sebab masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi baik dalam menjalankan roda organisasi, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kepengurusan yang akan datang. 

“Sedangkan untuk program kerja kedepan agar disusun sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, tidak perlu tinggi-tinggi muluk-muluk tapi tidak bisa dilaksanakan, kita ini kalau menyusun rencana mudah, banyak maunya, tapi yang melaksanakan dan cara melaksanakannya itu yang susah,” tegas Junaidi. 

Ia selaku Ketua Kwartir Ranting Balikbukit beserta jajaran pengurus Kwartir Ranting menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada adik-adik yang masih setia dan mau memilih gerakan pramuka sebagai gerakan yang dapat menjadi pendidik serta pembelajaran mental, ilmu pengetahuan dan moral.

Kemudian, ia juga mengucapkan terima kasih kepada adik-adik yang belum terpilih dalam seleksi Pengurus Dewan Kerja Ranting Balikbukit.

“Saya berharap tetap menjadi bagian dari Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Ranting Balikbukit, Pramuka menunggu karya dan bakti adik-adik,” tandasnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: