Pemkab Pesbar Berencana Ajukan Pinjaman di Bank

Pemkab Pesbar Berencana Ajukan Pinjaman di Bank

Ilustrasi--

PESISIR BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kondisi anggaran yang belum memadai untuk Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), terlebih dalam pemulihan perekonomian pasca pandemi Covid-19 berdampak pada jalannya roda Pemerintahan di Kabupaten termuda di Provinsi Lampung itu.

Untuk itu, sebagai upaya untuk memaksimal pelaksanaan program kegiatan tahun anggaran 2023 mendatang, Pemkab Pesbar berencana akan mengajukan pinjaman untuk tambahan anggaran Pemkab setempat ke salah satu Bank.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pesbar, Kasmir, S.Sos, M.M., mengatakan, di tahun anggaran 2023 mendatang kondisi keuangan daerah masih belum mencukupi untuk pelaksanaan program kegiatan roda Pemerintahan di Pesbar. Sehingga, untuk menambah anggaran itu Pemkab setempat berencana akan mengajukan pinjaman ke Bank.

“Saat ini sudah ada beberapa Bank yang telah dijajaki oleh Pemkab Pesbar, perihal pengajuan pinjaman itu, Pemkab Pesbar juga belum bisa memastikan Bank-nya. Karena ini masih akan dibahas di DPRD Pesbar,” katanya, Kamis (30/6).

BACA JUGA:Tingkatkan Koordinasi, Pemkab Pesbar Kunjungi Kemenkominfo

Dijelaskannya, rencana pinjaman yang akan diajukan itu sebesar Rp100-125 Miliar, dengan asumsi pengembalian sampai dengan lima tahun. 

Rencana pengajuan pinjaman itu telah dicantumkan dalam draft Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2023.

“KUA-PPAS tahun anggaran 2023 itu dalam waktu dekat kemungkinan pada Minggu kedua bulan Juli 2022, juga akan disampaikan dan dibahas di DPRD Pesbar,” jelasnya.

Sehingga, kata dia, dalam pembahasan nanti bisa disimpulkan hasilnya salah satunya mengenai rencana Pemkab Pesbar yang akan mengajukan pinjaman anggaran tersebut. 

BACA JUGA:Pemkab Pesbar Terima BMN dari Kementerian PUPR

Karena dalam pengajuan pinjaman itu harus ada persetujuan dari legislatif. Dalam rencana pengajuan pinjaman itu merupakan yang pertama kalinya akan dilakukan oleh Pemkab Pesbar.

“Selama ini Pemkab Pesbar belum pernah mengajukan pinjaman, dan baru akan direncanakan di tahun 2023 itu pun jika disetujui oleh DPRD Pesbar,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: