Pemkab Pesbar Terima BMN dari Kementerian PUPR

Pemkab Pesbar Terima BMN dari Kementerian PUPR

--

PESISIR BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Lampung menyerahkan Barang Milik Negara (BMN) kepada Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) berupa jembatan gantung Way Biha penghubung Pekon Ulok Manik-Paku Negara Kecamatan Pesisir Selatan, Rabu (29/6).

Hadir dalam kegiatan itu Wakil Bupati Pesbar A.Zulqoini Syarif, S.H., Kepala BPJN Provinsi Lampung, Rien Marlia, S.T, M.T., beserta rombongan, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat, Camat Pesisir Selatan, Mirton Setiawan, S.Pd., serta pihak terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, kepala BPJN Provinsi Lampung, Rien Marlia, mengatakan, jembatan gantung Way Biha kepemilikannya diserahterimakan dari Pemerintah Pusat kepada Pemkab Pesbar. 

Dengan adanya proses serah terima barang milik negara ini,selanjutnya operasi dan pemeliharaan jembatan gantung akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

BACA JUGA:DKPP Pesbar Lakukan Percepatan Vaksinasi PMK

“Jembatan gantung Way Biha ini panjangnya 60 meter dan Lebar 180 Centimeter, telah selesai dibangun melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2021 lalu.” katanya.

Dijelaskannya, pembangunan jembatan gantung ini bertujuan untuk menghubungkan akses jalan warga Pekon Paku Negara dan Pekon Ulok Manik, di Kecamatan Pesisir Selatan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. 

Pihaknya juga berharap masyarakat dapat turut membantu menjaga dan memelihara jembatan gantung, serta menggunakannya sesuai dengan peruntukannya.

“Jembatan gantung ini hanya untuk pejalan kaki dan kendaraan roda dua, tetapi, jika dalam keadaan darurat, bisa digunakan untuk mobil ambulance,” jelasnya.

BACA JUGA:Rumah Hingga Fasum Terancam Abrasi Pantai

Sementara itu, Wabup Pesbar, A.Zulqoini Syarif, mengatakan di wilayah Kabupaten Pesbar merupakan daerah dengan banyak aliran sungai. 

Karena itu, dengan adanya pembangunan jembatan di Way Biha itu merupakan hal yang penting guna konektivitas serta meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. 

Sehingga, dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mewujudkan keseimbangan dan pemerataan pembangunan daerah.

“Jembatan gantung way biha ini tujuannya untuk mempermudah akses transportasi masyarakat di wilayah ini menuju pusat- pusat kegiatan masyarakat seperti sekolah, Puskesmas, pasar, kantor Pemerintahan Kecamatan dan sebagainya,” kata dia.

BACA JUGA:Kabag di Sekretariat DPRD Pesbar Jadi Korban Curat

Masih kata Zulqoini, atas nama Pemkab Pesbar dirinya mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR atas bantuan yang direalisasikan untuk Pemkab Pesbar dalam membangun jembatan gantung Way Biha itu. 

Mengingat, sebelum dibangun ulang jembatan itu masyarakat harus mengambil rute yang lebih jauh dan memakan waktu yang cukup lama.

 

“Kita berharap masyarakat di Kecamatan Pesisir Selatan ini terutama di dua Pekon ini bersama-sama menjaga dan merawat jembatan gantung tersebut,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: