DKPP Pesbar Lakukan Percepatan Vaksinasi PMK

DKPP Pesbar Lakukan Percepatan Vaksinasi PMK

--

PESISIR BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih terus memaksimalkan percepatan vaksinasi hewan ternak ruminansia dalam rangka pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah.

Kepala DKPP Pesbar, Unzir, S.P., pelaksanaan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak di Kabupaten setempat lebih diprioritaskan untuk ternak sapi, karena  mayoritas hewan ternak sapi jumlah populasinya lebih banyak dibandingkan dengan hewan ternak ruminansia lainnya. Sehingga dalam pelaksanaan vaksinasi PMK itu diutamakan untuk ternak sapi.

Dikatakannya, pelaksanaan vaksinasi PMK sudah dimulai sejak Selasa (28/6) dan hingga Rabu (29/6), yang dipusatkan di wilayah Kecamatan Ngambur. 

Rencananya besok kembali digelar di wilayah Kecamatan Pesisir Selatan, selanjutnya ke Kecamatan Krui Selatan dan Pesisir Tengah, sehingga pada awal Juli 2022 mendatang seluruh dosis vaksinasi PMK yang ditargetkan itu bisa selesai.

BACA JUGA:Cegah PMK, Pemkab Pesbar Dapat 500 Dosis Vaksin Ternak

“Di hari pertama pelaksanaan vaksinasi PMK itu sudah habis 200 dosis, dimana dalam satu dosis vaksin itu untuk satu ekor sapi,” katanya.

Menurutnya, untuk hari ini belum bisa diketahui karena pelaksanaan vaksinasi PMK itu masih berlangsung. 

Target dosis vaksinasi PMK dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk di Kabupaten Pesbar ini memang sedikit, yakni sebanyak 500 dosis vaksin, karena itu pihaknya optimis hingga awal Juli 2022 nanti vaksinasi PMK itu bisa selesai.

“Mengingat secara keseluruhan untuk jumlah populasi hewan ternak sapi di seluruh wilayah Pesbar ini cukup banyak yakni berkisar 9.000-an ekor,” jelasnya.

BACA JUGA:Kabag di Sekretariat DPRD Pesbar Jadi Korban Curat

Sehingga, dengan jumah dosis vaksinasi yang diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Peprov Lampung itu jelas belum mencukupi. Karena itu, dalam pelaksanaan vaksinasi PMK yang dilakukan oleh petugas di DKPP Pesbar ini mudah-mudahan bisa cepat selesai sesuai target yang ada. 

Dalam pengecekan pelaksanaan vaksinasi PMK tersebut pihaknya juga kerap menyampaikan dan mengimbau kepada peternak agar tetap menjaga kesehatan hewan ternaknya serta rajin membersihkan kandang.

 

“Selain itu diharapkan peternak agar rutin menyemprot desinfektan di dalam kandang hewan ternak dan di sekitar kandang. Jika ditemukan ada gejala penyakit pada hewan ternak segera melapor ke petugas di DKPP Pesbar,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: