Rumah Hingga Fasum Terancam Abrasi Pantai

Rumah Hingga Fasum Terancam Abrasi Pantai

--

PESISIR BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Masyarakat Pekon Kota Karang, Kecamatan Pesisir Utara, berharap Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) agar mengupayakan penanggulangan abrasi pantai di pekon setempat.

Pasalnya, kini sejumlah rumah warga di pekon setempat mulai terancam setelah talud penahan abrasi rusak akibat terjangan ombak, apalagi saat musim ombak besar di wilayah itu.

Peratin Kota Karang Ridoni, mengatakan ancaman gelombang tinggi hingga kini masih terjadi di pekon setempat, bahkan pemukiman warga mulai terancam setelah hancurnya beberapa titik talud penahan abrasi.

“Kerusakan talud penahan abrasi di pekon ini mulai mengancam rumah warga dan sejumlah fasilitas umum, karena saat terjadi gelombang tinggi sudah tidak ada talud yang menghalau terjangan ombak,” kata dia.

BACA JUGA:Hujan Deras, Sebabkan Pohon Tumbang di Jalinbar

Dijelaskannya, terdapat lima rumah, sekolah, masjid dan balai pekon yang terancam abrasi pantai, hal itu setelah talud penahan abrasi sudah hancur akibat terjangan ombak.

“Posisi rumah warga dan sejumlah fasilitas umum itu memang berada di pinggir pantai, sehingga kondisinya sudah terancam jika terjadi gelombang tinggi, apalagi daratan perlahan sudah tergerus,” jelasnya.

Pihaknya berharap, Pemkab Pesbar dapat melaksanakan kegiatan penanggulangan abrasi panai tersebut, salah satunya dengan melakukan pembangunan ulang pada talud yang rusak.

 

“Kita hanya bisa berharap agar ada upaya dari Pemkab Pesbar untuk menangani abrasi pantai ini, sehingga rumah dan fasilitas umum yang ada tidak mengalami kerusakan, apalagi batas pantai dan pemukiman hanya beberapa meter saja,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: