Pekon Sukajaya Dukung Tuntutan Pokdarwis ke Pihak PLTMH Way Besai

Pekon Sukajaya Dukung Tuntutan Pokdarwis ke Pihak PLTMH Way Besai

--

LAMPUNG BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Forum Pokdarwis Lampung Barat (FPL), mendampingi Pokdarwis Besai Rafting, Pekon Sukajaya, Kecamatan Sumberjaya, menuntut solusi terhadap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang dikembangkan oleh PT Adi Mitra Energi Hidro. 

Tuntutan tersebut mendapat dukungan dan tanggapan dari pemerintah pekon setempat, yang selama ini menjadi penyuplai sarana prasarana wisata olahraga arung jeram setempat.

Dikemukakan Peratin Wiwin Wardoyo, pihaknya menyebutkan usaha arung jeram pokdarwis Rafting Sukajaya, sejak adanya aktivitas pembangunan PLTMH, memang sudah vakum lagi meskipun aliran Way Besai masih dapat digunakan.

Hal itu karena personil pokdarwis sudah dapat menggambarkan, meski saat ini upaya mempromosikan dan menarik wisatawan mencobakan arung jeram hanya bersifat sementara, karena ketika PLTMH beroperasi maka kondisi aliran akan berbuah. 

BACA JUGA:PLTMH Way Besai Beroperasi, Wisata Arung Jeram Lambar Punah

"Bisa dikatakan upaya yang kita bangun perlahan-lahan dan penuh perjuangan selama ini kondisinya sekarang gulung tikar," katanya.

Oleh sebab itu Wiwin sangat mendukung tuntutan solusi dari pokdarwis kepada pihak PLTMH. 

"Apapun bentuk konsekuensinya nanti. Yang pasti puluhan warga selama ini menggantungkan hidup dari usaha arung jeram tersebut. Dan proyeksi-proyeksi mendatang tentang pengembangan wisata arung jeram untuk meraup Pendapatan Asli Desa (PAD) akan terkubur jika tidak ada solusi," ungkapnya. 

Karena itu Wiwin berharap peran serta pemerintah, dalam menyikapi akan lenyapnya salah satu ikon lambar di bidang olahraga dan wisata.

BACA JUGA:Polemik Pembangunan PLTMH Dibahas di DPRD

Saat ini juga beredar isu protes warga terkait biaya pembebasan lahan yang disinyalir tidak sesuai ketentuan pemerintah, seperti biaya pembebasan yang bervariasi dan adanya kejanggalan lain.

Disampaikan Ketua FPL Arif Gunawan, Way Besai Rafting mulai beroperasi 22 tahun silam tepatnya Tahun 2000. Yang juga merupakan salah satu UPT Dinas Pariwisata Kabupaten Lampung Barat.

Tahun 2017 pengelolaan arung jeram di kelola oleh Pokdarwis besai rafting melalui MOU dengan Dinas Pariwisata Lampung Barat untuk bisa mendatangkan para wisatawan, meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar  dan menjalankan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap pemerintah daerah

 

Arung Jeram Way Besai Rafting yang masuk wilayah Pekon Sukajaya start di mulai dari Pekon Sukajaya dan finis di Balai Benih Ikan (BBI) Pekon Waypetai dengan jarak tempuh sekitar Dua Belas Kilometer durasi pengarungan Dua Setengah sampai Tiga  jam pengarungan. (r1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: