PKBI Lambar akan Bentuk Bina Anaprasa

PKBI Lambar akan Bentuk Bina Anaprasa

Medialampung.co.id - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Lampung Barat akan membentuk Kelompok Pembinaan Anak Pra Sekolah (Bina Anaprasa) di Pemangku Sukamakmur Pekon Bandar Baru Kecamatan Sukau. Demikian diungkapkan Sekretaris PKBI Cabang Lambar Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua PKBI Cabang Lambar Partinia, S.Pd , M.M, Minggu (30/8)

“Bina Anaprasa merupakan pendidikan anak pra sekolah dengan sasaran usia 4-6 tahun dan melakukan pembinaan kepada orang tua peserta Bina Anaprasa khususnya di bidang Keluarga Berencana (KB), kesehatan, kebersihan lingkungan, dan peningkatan ekonomi keluarga,” ujar Sandarsyah.

Dengan demikian, lanjut dia,  bina Anaprasa merupakan pendidikan yang mengandung sistem dua kamar. Pada saat anak-anak yang tergabung dalam Bina Anaprasa melakukan kegiatan belajar sambil bermain, secara bersamaan di ruangan yang lain, orang tuanya diberi bekal pengetahuan oleh kader pengelola Bina Anaprasa.

“Materi pengetahuan yang disampaikan berupa KB, Kesehatan, kebersihan lingkungan, dan peningkatan ekonomi keluarga serta materi pengetahuan praktis lainnya,” bebernya.

Menurut dia, kegiatan Bina Anaprasa sejalan dengan visi organisasi PKBI yaitu memperjuangkan praktik keluarga yang bertanggung jawab yakni keluarga yang melakukan tanggungjawabnya dalam lima dimensi yaitu, kelahiran, pendidikan, kesehatan, masa depan, dan kesejahteraan.

Diharapkan dengan terbentuknya kelompok  Bina Anaprasa di Pemangku Sukamakmur dapat meningkatkan kesejahteraan Balita dan Ibu khususnya, dan kesejahteraan keluarga pada umumnya yang ada di Pemangku Sukamakmur.

“Dengan terbentuknya Kelompok Bina Anaprasa di Pemangku Sukamakmur Pekon Bandarbaru Kecamatan Sukau ini, maka merupakan satu-satu kelompok Bina Anaprasa yang ada di Kabupaten Lampung Barat bahkan satu-satunya yang ada di Provinsi Lampung," pungkas Sandarsyah.

Hadir pada kegiatan di Pemangku Suka Makmur tersebut Wakil Ketua PKBI Cabang Lambar Drs. Tono Suparman bersama beberapa pengurus lainnya. Dan diterima oleh calon pengelola Kelompok Bina Ana Prasa, Yunainy dan beberapa orang ibu calon pengelola lainnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: