Tiga Pekon di Lambar Dicanangkan Menjadi Desa Cantik

Tiga Pekon di Lambar Dicanangkan Menjadi Desa Cantik

--

LAMPUNG BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Wakil Bupati Lampung Barat Mad Hasnurin mencanangkan Desa Cinta Statistik (Cantik) tahun 2022 di Aula Hotel Sari Rasa Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit, Rabu (28/6).

Tiga pekon yang ditetapkan sebagai Desa Cantik yaitu Pekon Pampangan Kecamatan Sekincau, Pekon Puralaksana Kecamatan Waytenong dan Pekon Sebarus Kecamatan Balikbukit.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Mad Hasnurin mengungkapkan, selain sensus penduduk lanjutan, Badan Pusat Statistik (BPS) juga memprogramkan Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik yang dilaksanakan di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Menurut dia, Desa Cantik merupakan Program (Quick Wins) pembinaan statistik percepatan implementasi sektoral oleh BPS yang berfokus kepada desa, melalui standarisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan data, optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik dalam pembangunan di desa serta peningkatan kesadaran dan peran aktif perangkat desa dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

BACA JUGA:PLTMH Way Besai Beroperasi, Wisata Arung Jeram Lambar Punah

Lanjut dia, program Desa Cantik ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2021. Dimana pada tahun 2021 terdapat 100 Desa Cantik yang menjadi target pembinaan statistik secara nasional. 

Sedangkan pada tahun 2022 ini juga akan dilanjutkan program pembinaan Desa Cinta Statistik yang secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desa/kelurahan dalam mengidentifikasi data serta dalam rangka mengentaskan kemiskinan melalui pengelolaan data yang bersifat pemenuhan kebutuhan, pengembangan pendataan yang sesuai dengan potensi desa (Kearifan Lokal) serta implementasi pemanfaatan data dalam kebijakan pembangunan desa dan peningkatan literasi statistik masyarakat di desa.

"Untuk Lampung Barat ditetapkan tiga Desa Cantik yaitu Pekon Pampangan, Pekon Puralaksana dan Pekon Sebarus," pungkas dia. 

Sementara Kepala BPS Kabupaten Lambar Nasrullah Arsyad mengungkapkan, salah satu program yang akan dilaksanakan BPS di tahun 2022 adalah Pembinaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif. 

BACA JUGA:Disbunnak Lambar Gencar Vaksinasi PMK

"Program ini telah dilaksanakan di tahun 2021 dan akan dilaksanakan kembali di tahun 2022," ungkap Nasrullah.

Tujuan umum dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. 

Tujuan lainnya yaitu Standarisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik serta optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan tepat sasaran. 

"Untuk Lampung Barat ada tiga pekon yang ditetapkan Desa Cantik dan akan dilakukan pembinaan," pungkas dia.(lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: