Disbunnak Lambar Gencar Vaksinasi PMK

Disbunnak Lambar Gencar Vaksinasi PMK

--

Medialampung.co.id - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar melaksanakan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di seluruh kecamatan yang ada di kabupaten setempat dengan melibatkan Polri, TNI dan petugas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), Senin (27/6).

Seperti halnya kegiatan vaksinasi PMK di Kecamatan Balikbukit, petugas Disbunnak mendatangi kandang ternak milik kelompok peternak dan petugas berhasil memvaksin sebanyak 100 ekor sapi.

“Kita mulai hari ini melaksanakan vaksinasi PMK di seluruh kecamatan dan vaksin yang disediakan sebanyak 800 dosis untuk 800 ekor.  Artinya satu dosis untuk satu ekor ternak,” ujar Kabid Peternakan Alma Arif mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Yudha Setiawan, Senin (27/6) 

Dikatakannya, sasaran vaksinasi PMK ini diutamakan untuk ternak sapi milik kelompok peternak yang telah terdata.  Selanjutnya binatang kaki empat dan berkuku belah. 

“Kegiatan vaksinasi ini bertujuan untuk mencegah PMK pada ternak. Dengan adanya vaksinasi ini maka akan meningkatkan kekebalan tubuh ternak sehingga tidak rentan terserang penyakit,” ujar dia seraya menambahkan, hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Lambar populasi ternak sapi cukup banyak, kecuali Kecamatan Batubrak dan Kecamatan Belalau. 

Melalui vaksinasi ini, lanjut dia, pihaknya berharap dapat membantu mencegah penyebarluasan penyakit PMK di Kabupaten Lambar. 

 

“Mudah-mudahan Lampung Barat aman dari penyebaran PMK,” harapnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: