Jalan Berlumpur, Siswa SMA Lombokseminung Tenteng Sepatu ke Sekolah 

Jalan Berlumpur, Siswa SMA Lombokseminung Tenteng Sepatu ke Sekolah 

Medialampung.co.id - Keberadaan akses jalan penghubung Pekon Lombok dengan Pekon Lombok Selatan (Lomsel) di Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat sangat layak ditingkatkan.

Pasalnya, selain menyulitkan masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, jalan itu menjadi akses utama bagi siswa maupun tenaga pendidik SMA Lumbokseminung untuk melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Kondisi jalan yang belum tersentuh pembangunan itu, membuat para siswa pejalan kaki harus melepas dan menenteng sepatu ditengah kondisi jalan yang becek dan berlumpur. Begitupun bagi pengguna sepeda motor harus extra hati-hati.

Usulan peningkatan jalan itu sebelumnya telah disampaikan pada musrenbang tingkat kecamatan, seperti yang diungkapkan Peratin Lombok Selatan Hendra, S.Pd, dengan kondisi jalan yang rusak membuat siswa maupun guru kesulitan untuk mengakses jalan tersebut. 

Ketika hujan, siswa harus melepas dan menenteng sepatu karena kondisi badan jalan becek dan berlumpur.

“Ya kasihan karena kalau hujan sulit dilalui, bahkan siswa terpaksa harus menenteng sepatu mereka untuk melewati lumpur, dan tak jarang tenaga pendidik juga jatuh saat menggunakan sepeda motor dan mereka pulang lagi karena pakaian kotor,” ungkap Hendra.

Dijelaskan Hendra, kondisi jalan tersebut masih berupa tanah sepanjang sekitar satu kilometer (KM), sebelumnya di tahun 2021 lalu sempat bergulir pembangunan namun panjangnya hanya berkisar puluhan meter.

“Harapan kami Pemkab dapat memprioritaskan pembangunan minimal pada titik yang sulit dilalui demi kelancaran anak-anak dalam mengakses pendidikan,” harapnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: