Jadi Narasumber GNLD di Subulusalam Aceh, Indrayani Perkenalkan Motif Khas Celugam 

Jadi Narasumber GNLD di Subulusalam Aceh, Indrayani Perkenalkan Motif Khas Celugam 

Medialampung.co.id - Dalam kegiatan, Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 di Kota Subulussalam Provinsi Aceh dalam bentuk webinar, dengan tema “Lindungi Diri dari Penipuan di Ruang Digital”, Senin (18/10).

Dengan Keynote Sp Gubernur Provinsi Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, MT dan menampilkan dua Narasumber Nasional yakni Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Lampung Barat Indrayani, M.Pd. dan Rina Agustini dari Bandung, serta dua narasumber lokal dari Kota Subulussalam. 

Sebelum memaparkan materi, Indrayani memperkenalkan kopiah dan syal yang dipakainya kepada para narasumber dan peserta webinar. 

Berupa Kopiah dan Syal bermotif Celugam. Dan menjelaskan bahwa motif Celugam adalah motif khas masyarakat Lampung Barat yang merupakan seni budaya lokal masyarakat setempat zaman Bupati Lampung Barat saat ini Parosil Mabsus telah didaftarkan dan mendapatkan Sertifikat Kekayaan Intelektual dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Kegiatan ini secara nasional sudah dibuka oleh Presiden RI. Ir Joko Widodo dan dilaksanakan secara serentak di seluruh provinsi di Indonesia sampai akhir Desember 2021.

Disampaikan Indrayani materi yang dibawanya Positif, Kreatif, dan Aman di Internet. Dengan isi aktivitas berinternet berupa Browsing, Chatting, Upload, Download dan bermedia Sosial akan memberikan berbagai dampak positif dan negatif.

Berdasarkan subtema, maka penggunaan internet menjadikan internet sebagai Media Belajar, Menyalurkan Hobi dan Bakat dan sebagai Media Bisnis (promosi, berniaga, relasi, klien, customer) yang akan berdampak positif bagi penggunanya. 

Untuk kreativitas pengguna aplikasi di internet dengan membuat konten yang berisikan edukasi, informasi, inspiratif dan sebagai media hiburan.

Agar pengguna internet dapat aman berselancar di dunia internet, ada beberapa yang harus diperhatikan, yaitu membuat password unik dan rumit tapi mudah diingat, selektif memfollow/follback teman baru, meminimalisir penayangan data pribadi dan membatasi pemberian informasi pribadi kepada teman baru di dunia maya, selalu logout jika login di perangkat lain, mengupload konten yang tidak merugikan orang lain dan diri sendiri, menghindari Cyber Bullying, Cyber Fraud, dan Cyber Crime. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: