Tahun 2022 Bulog Lampung Targetkan Serap 94 Ribu Ton Gabah Petani

Tahun 2022 Bulog Lampung Targetkan Serap 94 Ribu Ton Gabah Petani

Medialampung.co.id - Untuk tahun 2022 Forum Bulog Devisi regional Lampung menargetkan akan menyerap gabah dan beras sebanyak 94 ribu ton. 

"Ya di tahun 2022 ini target kita akan menyerap gabah dan beras 94 ribu ton. Untuk stok per hari ini ada sekitar 30 ribu ton cukup untuk enam bulan kedepan, apalagi dengan target 94 ribu ton stok kita aman bahkan bisa suplai ke daerah-daerah defisit seperti tahun kemarin," kata Kepala Seksi (Kasi) Sekretariat, Umum, dan Humas Perum Bulog Divisi Regional Lampung, Ido Noviansyah Saat dimintai keterangan, Kamis (6/1).

Menurutnya, saat ini pihaknya tengah mendorong para petani untuk terus meningkatkan hasil produksinya untuk terus menjadikan Lampung sebagai lumbung pangan dan lokomotif pertanian.

"Jadi kita dorong para petani untuk terus meningkatkan produksi yang nantinya akan kita serap," tambahnya. 

Lanjutnya, untuk tahun ini juga ditargetkan pembangunan modern rice milling plant (MRMP) atau penggilingan padi atau gabah modern agar mampu memproduksi beras premium sendiri dengan harga terjangkau selesai pada bulan maret. 

MRMP dibangun di 13 wilayah salah satunya di Lampung tepatnya di Bandarlampung kemudian As di Bojonegoro, Magetan, Jember, Banyuwangi, Sumbawa, Sragen, Kendal, Subang, Karawang, Cirebon, Luwu Utara, dan Grobogan.

"Target kita bulan maret selesai dan harapannya bisa meminimalisir serangan hama. MRMP di masing-masing lokasi terdiri dari dryer (pengering) dengan kapasitas 120 ton per hari, penggilingan gabah atau rice milling unit (RMU) sebesar 6 ton per jam, dan silo atau tempat penyimpanan gabah tiga unit dengan kapasitas 2 ribu ton," pungkasnya.(ded/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: