Suspect Covid-19 Meninggal Dunia, Satu Warga Atarbawang Dimakamkan Secara Prokes 

Suspect Covid-19 Meninggal Dunia, Satu Warga Atarbawang Dimakamkan Secara Prokes 

Medialampung.co.id – Tim pemulasaran jenazah pasien Covid-19 Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat melakukan pemakaman secara protokol Kesehatan (Prokes) terhadap satu warga Pekon Atarbawang, Senin (21/3). 

Sebelum meninggal dunia, jenazah atas nama Ny S (38) tersebut sejak sepekan terakhir mengeluh batuk dan sesak, kemudian pada Minggu (20/3) pasien dibawa ke puskesmas dengan kondisi tidak sadarkan diri dan selanjutnya dirujuk ke Rumah sakit umum daerah Alimuddin Umar (RSUDAU). 

Saat dilakukan pemeriksaan antigen hasilnya positif dan setelah mendapat perawatan tidak lama pasien meninggal dunia.

Kepala UPT Puskesmas Batuketulis Sarwo Edi Wahono, S.K.M, mengatakan, pemakaman yang dilaksanakan secara prokes tersebut dalam rangka menjalankan prosedur terhadap pasien dengan status suspect Covid-19 atau hasil antigen positif.

"Sebelum meninggal dunia, sejak setengah tahun terakhir almarhumah ini menderita sakit tenggorokan tetapi tidak pernah diperiksakan ke Rumah Sakit. Kemudian, sepekan terakhir ini pasien mengeluh batuk dan sesak kemudian hari minggu dibawa ke puskesmas, tapi karena kondisinya tidak sadarkan diri maka kami  rujuk ke RSUDAU. Saat dilakukan pemeriksaan antigen hasilnya positif dan tidak berselang lama pasien meninggal dunia," ungkapnya.

Sehingga, lanjutnya, pemakaman jenazah dilakukan sesuai prokes oleh tim yang terdiri dari tenaga kesehatan puskesmas yang tergabung dalam satgas Covid-19 di TPU Pekon setempat.

"Sejauh ini kami tetap mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah, karena pandemi ini belum berakhir dan kita harus saling mendukung upaya pencegahan," pesannya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: