Harga Biji Kopi Kering Grade 4 Mengalami Kenaikan 

Harga Biji Kopi Kering Grade 4 Mengalami Kenaikan 

Medialampung.co.id - Sejak sepekan terakhir harga komoditas perkebunan seperti kopi robusta di Kabupaten Lampung Barat mengalami kenaikan. 

“Harga basis kopi robusta dalam bentuk biji kering grade 4 hari ini mengalami kenaikan yaitu 23.000/Kg dari harga sebelumnya Rp22.300/Kg. Sementara kalau harga kopi,” kata Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Ir. Nata Djudin Amran.

Menurutnya, naiknya harga kopi salah satunya disebabkan karena permintaan pasar meningkat dan mutu kopi di lokal cenderung mutunya membaik.

“Kalau untuk harga kopi asalan relatif stabil yaitu Rp19.000/Kg, begitu juga dengan kakao, aren dan lada relatif stabil yakni kakao Rp22.000/Kg, aren 18.500/kg dan lada Rp34.000/Kg. 

Pihaknya berharap basis harga kopi biji kering terus mengalami kenaikan sehingga pendapatan masyarakat khususnya petani kopi mengalami peningkatan dan pada akhirnya kesejahteraan petani di Kabupaten Lambar meningkat. 

“Kita berharap petani tetap menjaga kualitas kopi, seperti mempertahankan kadar air dan petik merah, serta dalam penjemuran diupayakan jangan kontak langsung dengan tanah melainkan menggunakan terpal,” pungkas dia. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: