Pemprov Lampung Terus Dorong Budidaya Lada Hitam 

Pemprov Lampung Terus Dorong Budidaya Lada Hitam 

Medialampung.co.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terus mendorong petani di wilayahnya untuk terus membudidayakan lada hitam yang tersebar di beberapa kabupaten yang ada di Lampung. 

"Kalau untuk sekarang Lada di Lampung kita ada di beberapa daerah seperti Lampung Timur, Lampung Utara, Waykanan, Lampung Barat," kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Lampung, Jabuk saat dimintai keterangan, Jumat (7/1).

Ia juga mengatakan pihaknya juga selain mengadakan Bimtek memberi Pendampingan terhadap para petani.

Adapun permasalahan utama budidaya tanaman Lada yakni penyakit busuk pangkal batang  disebabkan oleh jamur Phytophthora capsici. 

"Jamur ini dapat menyerang semua bagian tanaman Lada. Serangan paling berbahaya dan mematikan tanaman apabila jamur  menginfeksi pangkal batang atau akar tanaman," terangnya.

Lanjutnya untuk masalah lain yakni permodalan dalam perawatan pertumbuhannya lada tersebut seperti melakukan pemupukan. 

"Masalah selanjutnya yakni harga yang fluktuatif sepanjang tahun naik turun itu karena kita komoditi ekspor, Sangat tergantung dengan harga diluar dan juga dengan adanya tengkulak-tengkulak," terangnya. 

Dengan adanya berbagai masalah tersebut Gubernur Lampung mencari solusi salah satunya dengan adanya Program Kartu Petani Berjaya (KPB). 

"Jadi KPB  itu salah satu sistem yang berfungsi untuk mengatasi berbagai masalah petani seperti butuh pupuk, permodalan dan sebagainya untuk terus mendorong masyarakat menuju Lampung Berjaya," pungkasnya. (ded/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: