Pemprov Lampung Pastikan Stok Aman dan Pasokan Minyak Goreng Lancar 

Pemprov Lampung Pastikan Stok Aman dan Pasokan Minyak Goreng Lancar 

Medialampung.co.id - Saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lampung Pastikan harga minyak goreng sudah dilepas sesuai dengan mekanisme pasar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disperindag Lampung Elvira Umihanni. 

"Jadi untuk minyak goreng, saya rasa kalau dari laporan tim di lapangan sudah banyak tersedia di retail-retail," ungkapnya, Minggu (20/3).

Lanjutnya, Untuk minyak goreng yang kemasan sudah dilepas sesuai dengan harga pasar dan kemudian kalau distribusi CPO itu ada harga khusus.

Sudah ada surat edarannya bahwa minyak curah Rp.14 ribu sama halnya seperti gas Elpiji 3 Kg.

"Untuk  minyak goreng kemasan sederhana dan premium tidak disubsidi.  Sehingga menyesuaikan mekanisme pasar dan tidak ada ketentuan harga," kata dia. 

"Apa lagi Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan kalau harga minyak goreng ini menyesuaikan harga ke keekonomian," lanjutnya. 

Karena itu, tidak ada ketentuan maka nantinya harga dipasaran akan dipengaruhi biaya produksi, distribusi dan keuntungan yang wajar. 

Apalagi ada berbagai merk memang berbeda, ada yang memang lebih mahal dan ada yang dibawah itu, termasuk yang produk lokal.

Walaupun saat ini harga minyak goreng masih tinggi, ia memastikan, stok aman dengan pasokan yang lancar dan lebih banyak.

Ia juga berharap PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) tetap dapat menyalurkan langsung minyak goreng curah ke pasar.

Dimana, saat ini CPO DMO perusahaan eksportir minyak hanya bisa digunakan untuk minyak goreng curah.

"Kalau memang bahan bakunya DMO kan diperoleh harga murah, seharusnya dijual jangan mengambil kesempatan, harus dijual dengan harga beli bahannya yang dari PPI," pungkasnya. (ded/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: