H-2 Idul Adha, Tim Disbunnak Lambar akan Periksa Hewan Kurban

H-2 Idul Adha, Tim Disbunnak Lambar akan Periksa Hewan Kurban

Medialampung.co.id - Mengingat meningkatnya kasus penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) di Kabupaten Lambar. Maka pelaksanaan pemeriksaan hewan kurban yang seyogyanya sesuai jadwal akan dilaksanakan mulai besok, Rabu (14/7) namun ditunda hingga H-2 hari raya Idul Adha.

“Untuk pemeriksaan hewan kurban akan kita laksanakan H-2 hingga H+2 hari raya Idul Adha. Hal ini mengingat di beberapa pekon dan kelurahan ada yang masuk zona merah sehingga kegiatan dibatasi,” kata Kabid Peternakan Alma Arif mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Nata Djudin Amran, Selasa (13/7).

Ia menjelaskan, sesuai dengan jadwal awal, untuk pemeriksaan hewan kurban akan dilaksanakan selama empat hari yaitu mulai pada Rabu (14/7) di Kecamatan Gedungsurian, Kamis (15/7) di Kecamatan Waytenong, Jumat (16/7) di Kecamatan Sukau serta Senin (19/7) di Kecamatan Kecamatan Balikbukit namun kini jadwalnya dirubah. “Untuk pemeriksaan hewan kurban ini, kita akan melibatkan Puskeswas yang ada di masing-masing kecamatan,” kata dia. 

Menurut dia, pemeriksaan hewan kurban tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pihaknya setiap tahun dan pemeriksaan tersebut meliputi Ante Mortem dan Post Mortem. Pemeriksaan hewan kurban tersebut untuk memastikan semua hewan kurban dalam keadaan sehat.

“Kalau nanti ditemukan hewan yang dalam kondisi kesehatan tidak baik, maka disarankan untuk tidak dikurbankan. Begitu juga kalau kita temukan ada penyakit cacing hati, maka kita rekomendasikan agar hatinya harus dibuang dan tidak dibagikan kepada masyarakat,” ucapnya.

Disinggung soal jumlah hewan kurban yang akan dipotong. Alma Arif mengungkapkan, pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah ternak sapi dan kambing di Kabupaten Lambar yang akan dipotong menjelang hari raya Idul Adha. “Untuk jumlahnya belum bisa dipastikan , kita akan turun dulu,” tutupnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: