Sejumlah Bencana Sebabkan Kerugian Sebesar Rp520 Juta

Sejumlah Bencana Sebabkan Kerugian Sebesar Rp520 Juta

Medialampung.co.id - Telah terjadi 43 kali  bencana di Kabupaten Lampung Barat. Data tersebut berdasarkan data yang berhasil dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, per-3 Oktober 2021.

Kepala BPBD Lambar Maidar mengungkapkan, bencana yang dimaksud meliputi kebakaran, gempa bumi, banjir, tanah longsor, pohon tumbang, konflik gajah, kebakaran lahan dan lainnya.

"Dari keseluruhan bencana yang terjadi, bencana kebakaran menjadi musibah dengan kerugian terbanyak sehingga jika di total dari dari 43 bencana kerugian mencapai Rp, 524.080.000 juta," ungkapnya. 

Sedangkan, kata dia, korban jiwa tutur Maidar, hanya dua orang, satu mengalami luka ringan dan satu lagi meninggal dunia. Untuk luka berat dan luka sedang nihil.

"Kami mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan agar bisa meminimalisir terjadinya bencana khususnya kebakaran maupun banjir dan lainnya. Seperti yang kita ketahui, musibah kebakaran kerap terjadi karena korsleting listrik. Jadi masyarakat harus lebih waspada utamanya saat akan bepergian meninggalkan rumah," ujar Maidar.

Mengenai bencana banjir, tambah Maidar, masyarakat juga diminta untuk memperhatikan saluran air agar tidak terjadi penyumbatan, salah satu caranya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Saat ini masih musim penghujan, maka hingga akhir tahun kita harus lebih waspada agar tidak terjadi banjir. Apabila ada hal-hal yang perlu dilaporkan mengenai kebencanaan bisa menghubungi Satgas di masing-masing pekon," pungkasnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: