Perguruan Kuntau Semende Geru Lambar Siap Kirim Atlet di Fornas Palembang

Perguruan Kuntau Semende Geru Lambar Siap Kirim Atlet di Fornas Palembang

--

Medialampung.co.id - Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia (APPSBI) Provinsi Lampung dan Pengurus Perguruan Kuntau Semende Geru Kabupaten Lampung Barat, melakukan audiensi dengan Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, di ruang kerja Bupati setempat, Kamis (23/6).

Ketua Umum Kuntau Semende Geru Sumarmin, SP., dalam paparannya menyampaikan, audiensi bersama kepala daerah tersebut, dimaksudkan dalam rangka menghadapi Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) yang akan diselenggarakan di Palembang pada 1-7 Juli mendatang.

"Event Fornas akan diikuti oleh seluruh perguruan pencak silat dibawah naungan APPSBI se-Indonesia, dari provinsi Lampung terdapat tiga kabupaten mengirimkan Atlet salah satunya dari Lambar," ungkapnya.

Pada event tersebut, pihaknya akan mengirimkan sebanyak 28 atlet dan official termasuk pelatih. Pihaknya akan mengenalkan pencak silat yang telah turun temurun dari zaman nenek moyang, yang kini di Lambar sendiri memiliki keanggotaan kerukunan sebanyak 3.000 orang.

"Perguruan pencak silat Kuntau Semende Geru itu sudah ada sejak tahun 1987 namun baru berbadan hukum dan dibentuk dalam wadah organisasi pada tahun 2017, perguruan ini telah menyebar ke sejumlah wilayah di Indonesia khususnya Provinsi Lampung," beber Sumarmin.

Sementara Sekretaris APPSBI Provinsi Lampung Harri Tsyah menyampaikan, di Lambar terdapat banyak perguruan pencak silat, namun hingga saat ini baru Perguruan Pencak Silat Kuntau Semende Geru yang berada dalam naungan APPSBI.

"Kenapa kita pilih Pencak Silat Kuntau Semende Geru yang akan diberangkatkan pada Fornas di Palembang, karena perguruan tersebut memang mencerminkan budaya," ujarnya.

Ia berharap kedepannya, perguruan pencak silat budaya lainnya bisa mengikuti jejak dari Kuntau Semender Geru, dengan memiliki wadah dan terbentuk dalam satu organisasi, sehingga bisa diikutsertakan pada event yang digelar.

Sekretaris Kuntau Semende Geru Provinsi Lampung Rio Yulians yang juga turut serta mendampingi audiensi tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada bupati Lambar yang telah memberikan dukungan kepada pihaknya.

"Tentu atas dukungan dari bapak bupati, kami ucapan terimakasih, dan semoga kedepannya Kuntau Semende Geru bisa terus mengharumkan nama Lambar, dan menjadi budaya nenek moyang yang terus dilestarikan," imbuhnya.

Dilain pihak, Bupati Lambar Parosil Mabsus menyampaikan, bahwa Pemkab Lambar siap memberikan dukungan kepada Kuntau Semende Geru yang akan  ikut dalam Fornas di Palembang tersebut. 

 

"Saya berharap, Perguruan Kuntau Semende Geru bisa membawa pulang hasil yang menggembirakan dan mampu mengharumkan nama Lambar di event tingkat nasional tersebut," tutup Pakcik---sapaan Parosil Mabsus. (nop/mlo)

 

Sumber: