Pekon Sukajadi Targetkan Juarai EPP Tingkat Kabupaten

Pekon Sukajadi Targetkan Juarai EPP Tingkat Kabupaten

Medialampung.co.id - Target menjadi yang terbaik atau juara pertama itulah yang dipasang Pekon Sukajadi, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat dalam lomba Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP) tingkat kabupaten Tahun Anggaran (TA) 2022.

Target yang dipasang itu bukan sekedar harapan semata atas keterwakilan Sukajadi menjadi utusan Kecamatan Airhitam pada perhelatan tahunan dalam rangka mengevaluasi pembangunan pekon baik fisik maupun non fisik dan administrasi pemerintahan pekon.

Kamis (11/3) Tim Penilai Kabupaten tergabung dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP), Dinas Kesehatan (Diskes), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Satpol PP, dan TP-PKK kabupaten, melakukan penilaian di pekon itu.

Dipimpin Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon Demon Irawan, S.T., bersama Kabid Pemerintahan Pekon Ruspel Gultom, S.H., M.H., Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Zelda Nukman, dan utusan dinas instansi terkait lainnya. 

Disambut Camat Airhitam Andy Chahyadi, S.H., M.A., Kepala Puskesmas Nurbaiti, S.Kep., jajaran Uspika Airhitam dan seluruh peratin, aparat Pekon Sukajadi dan para tokoh, sepuh adat dan masyarakat setempat. 

Dalam sambutannya Peratin Mustain menyampaikan terimakasih kepada rombongan tim penilai kabupaten, dan ucapan serupa juga disampaikan atas kerjasama semua pihak baik kecamatan maupun pekon, dan dukungan dari Sembilan pekon di Kecamatan Airhitam atas kepercayaan kepada Pekon Sukajadi dalam perhelatan tersebut.

Dalam EPP tersebut Mustain justru berharap arahan dan bimbingan dari tim kabupaten untuk Pekon Sukajadi, agar pemukiman yang dihuni 95% petani, menjadi Desa Maju menuju Kabupaten Lampung Barat Hebat dan Sejahtera. 

Pada kesempatan itu selain menyampaikan seputar profil pekon, Mustain juga menyebutkan bahwa Pekon Sukajadi kini dikenal dengan sebutan Kampung Naga, dengan dikembangkannya tanaman buah naga. 

"Selain bertani kopi alhamdulilah masyarakat Sukajadi juga memiliki usaha lain seperti peternakan, penangkaran burung dan pengembangan kebun tanaman pangan," ungkapnya. 

Sementara Desmon dalam sambutannya mengapresiasi penataan lingkungan Pekon Sukajadi dalam menyambut lomba tersebut, yang disebutkannya cukup indah dengan dukungan geografis alam yang sejuk. 

"Ini cukup menarik sampai badan jalan rabat beton di berikan cat warna warni yang disebut seperti sirkuit Mandalika," katanya. 

Dijelaskannya tujuan EPP utamanya untuk mengevaluasi seperti akan melihat bagaimana pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah Pekon Sukajadi di semua sektor. 

"Dalam EPP ini tim akan mengevaluasi bukan hanya kegiatan fisik non fisik, melainkan juga terhadap peningkatan ekonomi masyarakat, masalah stunting dan lain sebagainya sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.81/2015," tegasnya.

Di lokasi yang sama disampaikan Camat Andy Chahyadi, dengan persiapan yang maksimal dilakukan Pekon Sukajadi, dia berharap efek yang paling utama untuk pekon itu sendiri lebih tertib administrasi sehingga dalam perjalanannya menjadi lebih maksimal.

"Tentu dengan persiapan yang telah dilakukan Pekon Sukajadi Juara Pertama," harapannya.

Sementara disampaikan Ketua Apdesi Airhitam Husain, telah menjadi kewajiban di pekon itu dalam perhelatan pekon adanya partisipasi pekon lain. Seperti dalam EPP semua pekon berpartisipasi dengan mengirimkan hasil UP2K, untuk dipamerkan kepada tim penilai.

"Tentu jika nanti Pekon Sukajadi dinobatkan sebagai terbaik, menjadi kemenangan bagi semua Pekon di Airhitam," tandasnya. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: