Warga Diimbau Tak Gunakan Jasa Calo Mengurus KIR Kendaraan

Warga Diimbau Tak Gunakan Jasa Calo Mengurus KIR Kendaraan

Medialampung.co.id – Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lambar Drs. Junaidi Jamsari, M.M mengimbau kepada warga di kabupaten setempat yang memiliki kendaraan angkutan, bus dan truk untuk tidak menggunakan jasa calo mengurus buku uji kendaraan (KIR).

“Kita mengimbau bagi masyarakat yang mau mengurus KIR agar yang bersangkutan datang langsung ke kantor Balai Pengujian Kendaraan Bermotor di Pekon Padang Dalom Kecamatan Balikbukit atau depan SMKN 1 Liwa, dengan membawa kelengkapan persyaratan dan kendaraan, jangan melalui perantara atau calo,” ungkap Junaidi, Jumat (8/4).

Kata dia, dengan datang langsung ke Balai Pengujian Kendaraan Bermotor maka warga akan dikenakan biaya sesuai dengan Peraturan Bupati Kabupaten Lampung Barat No.3/2020 tentang retribusi jasa umum. 

“Jadi tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar,” kata dia. 

Adapun persyaratan uji berkala, lanjut Junaidi, yaitu menyerahkan buku uji asli, KTP asli, STNK asli, serta surat tera untuk kendaraan tangki dan surat registrasi uji tipe (uji berkala pertama). 

Kemudian mengisi formulir pendaftaran serta membayar retribusi uji. Sedangkan Standar Operasional Prosedur (SOP) petugas pelayan uji yakni memeriksa/memvalidasi data formulir sesuai dengan STNK dan buku uji, menetapkan biaya retribusi dan memberikan kwitansi pembayaran, jadwal pengujian/urutan penguji mekanis, dan memberikan laporan untuk pemeriksaan pengujian serta mengarahkan pengemudi ke balai uji untuk dilaksanakan penguji teknis. 

“Dalam pengujian kendaraan ini, kita berharap jangan ada pungutan yang tidak resmi. Artinya pungutan harus sesuai dengan aturan yaitu biaya pembuatan KIR bagi yang masih baru dikenakan biaya Rp 110 ribu sedangkan untuk perpanjangan hanya Rp85.000,” tegasnya seraya menambahkan, pelayanan KIR di Kabupaten Lambar telah menggunakan Smart Card atau kartu uji/blu-e (bukti lulus uji elektronik). 

Selain itu, kepada petugas uji kendaraan diharapkan agar melayani dengan senang hati, humanis cepat tepat akurat tidak berbelit-belit.  Sesuai dengan Motto Pelayanan “Siap Melayani Dengan Smart”  Senyum, Mudah, Amanah, Transparan. 

“Kami siap memberikan pelayanan yang terbaik,” ujar Junaidi. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: