Parosil Instruksikan Seluruh Masyarakat Bersih-Bersih dan Semprot Desinfektan

Parosil Instruksikan Seluruh Masyarakat Bersih-Bersih dan Semprot Desinfektan

Medialampung.co.id - Gerakan aksi gotong royong bersama masyarakat dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Lambar ke-29 dan Hari Kebersihan Sedunia serentak dilaksanakan di 15 kecamatan Kabupaten Lambar, Jumat (18/9).

Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus menginstruksikan seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan bersih-bersih/gotong royong dan penyemprotan disinfektan di lingkungan masing dalam memutus mata rantai Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir.  

Hal itu diungkapkan Parosil Mabsus saat melakukan gotong royong bersama masyarakat di Pekon Sukajaya Kecamatan Pagardewa dengan mengusung tema 

"Bangkit Bersama Menuju Tatanan Kehidupan Baru Hebat dan Sejahtera," dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten Lampung Barat ke-29 dan Hari Kebersihan Sedunia, Jumat (18/9).

"Saya menghimbau aparatur dan seluruh lapisan masyarakat dari tingkat kecamatan,  pekon,  pemangku hingga RT untuk ikut serta melakukan bersih-bersih /gotong royong dan penyemprotan disinfektan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan serta memutus mata rantai wabah Covid-19," ucap Pakcik---sapaan Parosil Mabsus.

Gotong Royong ini dimulai dengan penyemprotan desinfektan dan dilakukan pengecekan suhu tubuh pada masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut serta lengkap memakai masker dan protokol kesehatan yang juga turut dihadiri Wakil Ketua I DPRD Lambar Hi. Sutikno dan Anggota DPRD, sejumlah kepala OPD, Ketua TP PKK Lambar Partinia Parosil, Camat Pagardewa dan seluruh Peratin Se-Kecamatan Pagardewa.

Usai melakukan gotong royong, Bupati serta rombongan melanjutkan Serah Terima Surat Keputusan (SK) terkait Inovasi Kecamatan Pagardewa yaitu SK BUMPekon Bersama PM (Pagardewa Membangun) oleh Ketua BUMPekon Kepada Bupati, SK Rembuk Stunting Kecamatan Pagardewa Macan Ranting (Mari Cegah dan Antisipasi Resiko Stunting) oleh Ketua TP PKK Kecamatan dan Pekon Se-Kecamatan Pagardewa kepada Ketua TP PKK Lambar dan penyerahan SK Pokja Bank Darah oleh Ketua TP PKK Kecamatan dan Pekon se-Kecamatan Pagardewa kepada Ketua TP PKK Lambar.

Pada kesempatan ini pula, Parosil menyerahkan bibit tanaman secara simbolis kepada masyarakat berupa bibit Alpukat dan pisang serta pelepasan bibit ikan yang dilakukan oleh Ketua TP PKK Lambar Partinia Parosil Mabsus di salah satu kolam milik warga setempat.

Dilain pihak, Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin didampingi sejumlah kepala OPD, kecamatan dan aparat pekon melakukan aksi gotong royong di Pekon Hujung Kecamatan Belalau.

Mad Hasnurin menyampaikan bahwa meski di tengah Pandemi Covid-19, semangat gotong royong atau beguai jejama harus tetap terjaga guna menumbuhkan kerja sama dan keeratan antar masyarakat.

“Karena dengan bergotong royong pekerjaan yang berat dapat lebih mudah dan menjadi ringan, sehingga Kita harus bisa bekerjasama membantu satu sama lain,” ungkap Mad Hasnurin.

Selain itu, walaupun di tengah pandemi Covid-19, gotong royong juga tetap memberlakukan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Karena dengan metode protokol kesehatan seperti ini, bisa mencegah penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Ronggur L. Tobing, S.I.P, M.Si mengungkapkan, semangat gotong royong perlu dipupuk dan dipertahankan.

Untuk menjaga dan menumbuhkan semangat itu, Pemkab Lambar melaksanakan gerakan aksi gotong royong bersama masyarakat yang serentak dilaksanakan di 131 pekon dan lima kelurahan di wilayah Lambar. 

Ronggur mengatakan, semangat dan budaya gotong royong harus terus dilestarikan di tengah-tengah masyarakat. Sebab hal itu merupakan salah satu warisan leluhur yang memiliki nilai-nilai positif terutama dalam memupuk kerja sama dan kekompakan.  

“Dengan semangat gotong royong kita akan mampu menggerakkan pembangunan untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Lambar,” imbuhnya.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan semangat gotong royong, karena hal ini salah satu cara mencintai lingkungan masyarakat. Semangat gotong royong ini adalah salah satu cara untuk mencintai lingkungan, mempertahankan kebersihan dan memanfaatkan hasil pembangunan.

“Kegiatan gotong royong perlu  digalakkan bukan hanya dalam rangka HUT Lambar ke-29 saja tapi diharapkan kedepannya warga menjadwalkan gotong royong secara rutin sehingga tercipta lingkungan yang bersih, masyarakat sehat dan kuat,” pungkas dia

Sekadar diketahui,  kegiatan gerakan aksi gotong royong bersama masyarakat itu, tim Bupati Parosil Mabsus bergotong royong di Pekon Sukajaya Kecamatan Pagardewa, tim Wakil Bupati Mad Hasnurin melaksanakan gotong royong di Pekon Hujung Kecamatan Belalau, tim Sekretaris Daerah Akmal Abdul Nasir di Pekon Buanynyerupa Kecamatan Sukau.

Kemudian, tim Ketua DPRD Edi Novial bergotong royong di Pekon Tribudisyukur Kecamatan Kebuntebu, Wakil Ketua II Sutikno  bergotong royong di Kecamatan Pagardewa dan tim Wakil Ketua II DPRD Erawansyah  bergotong royong di Pekon Sukarame Kecamatan Balikbukit.  Sedangkan untuk Forkopimda, OPD, kecamatan, pekon dan masyarakat menyesuaikan. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: