Tuntut Penghapusan Sewa Gedung, Massa FPPKL Geruduk Kantor Disdikbud Lampung

Tuntut Penghapusan Sewa Gedung, Massa FPPKL Geruduk Kantor Disdikbud Lampung

Medialampung.co.id - Massa dari Forum Peduli Pemajuan Kebudayaan Lampung (FPPKL) mendatangi kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung dan meminta penghapusan biaya retribusi sewa fasilitas gedung pertunjukan di TBL bagi seluruh pelaku seni di Lampung

Para pekerja seni yang merasakan pahitnya jika harus membayar uang sewa seolah-olah mereka ini pekerja swasta yang membayar retribusi gedung jelas mereka hanya pekerja seni yang mengharumkan nama daerah Lampung secara nasional dan internasional. 

Seolah-olah mereka sudah tidak dihargai lagi oleh pemerintah daerah harus membayar, jika dilihat semua kegiatan pekerja seni mereka juga harus patungan untuk suatu acara-acara seni.

Aksi massa pekerja seni meminta adanya transparansi seluruh anggaran seni budaya yang ada di TBL dan Disdikbud, dan setiap tahunnya TBL dan Disdikbud harus mengadakan program hibah/fasilitas/kompetitif untuk lembaga dan komunitas serta seniman yang aktif di Lampung, aksi massa juga meminta perhatian Pemerintah Provinsi Lampung untuk mengupayakan alokasi dana CSR bagi kegiatan seni budaya yang dilakukan para komunitas pekerja seni yang berada di Lampung. 

Padahal sudah jelas adanya undang-undang No.5/2017 yang jelas mengatur tentang pemajuan kebudayaan dan PP No.87/2021 tentang peraturan pelaksanaan UU No.5/2017 yang wajib dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah aksi FPPKL menengarai Disdikbud Lampung tidak tidak adanya kejelasan pengelolaan program dan anggaran di ranah kebudayaan Lampung. 

FPPKL menyoroti adanya rencana kenaikan retribusi sewa gedung Taman Budaya Lampung yang sangat memberatkan pekerja seni. 

Mereka meminta agar pengelolaan anggaran dan program budaya lebih jelas dan lebih transparan serta berpihak pada kemaslahatan pelaku seni seluas-luasnya. 

Dari pantauan Medialampung.co.id, aksi massa FPPKL yang dikoordinatori oleh Aleksander GB dan para seniman Lampung masih berlangsung di depan Gedung Disdikbud Lampung.(*/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: