Evaluasi Perkembangan Pekon, Tim Kabupaten Sambangi Pekon Henirarong dan Bumijaya 

Evaluasi Perkembangan Pekon, Tim Kabupaten Sambangi Pekon Henirarong dan Bumijaya 

Medialampung.co.id - Tim Penilai Evaluasi Perkembangan Pekon (EPP) tingkat Kabupaten Lampung Barat mendatangi Pekon Heniarong, Kecamatan Lumbokseminung dam Pekon Bumijaya Kecamatan Sukau, Selasa (15/3).

Kedatangan rombongan tim penilai EPP tahun 2022 itu dipimpin oleh Ketua Tim penilai sekaligus Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon pada DPMP Lambar Desmon Irawan, S.T, itu disambut oleh Camat Lumbokseminung Erwin Ardiansyah, didampingi Ketua TPKK Lumbokseminung, Peratin se-kecamatan Lumbok seminung, Bhabinkamtibmas, babinsa, Tokoh masyarakat serta seluruh kader.

Sementara, di Kecamatan Sukau yang dipusatkan di Pekon Bumijaya, kedatangan rombongan disambut oleh Camat Sukau Hadi sutanto bersama sejumlah unsur pimpinan kecamatan serta para peratin dan tokoh masyarakat setempat. 

Dalam penilaian itu, masing-masing pekon menghadirkan berbagai capaian program dan inovasi baik dari dalam program pembangunan, pemerintahan, kesehatan, pembinaan kewilayahan, pemberdayaan masyarakat serta beragam inovasi lainnya buah kerjasama dari seluruh aparatur pekon dan masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Penilai EPP Desmon Irawan memberikan apresiasi atas berbagai inovasi dan persiapan yang dilakukan dalam menyambut kegiatan tersebut. Ia menuturkan bahwa tujuan EPP utamanya untuk untuk melihat, menilai serta mengevaluasi tahapan keberhasilan perkembangan pekon.

“Penilaian dalam kegiatan ini tidak hanya sekedar mencari juara semata tetapi merupakan ajang evaluasi terhadap kreativitas, inovasi aparat Pekon dan seluruh komponen masyarakatnya dalam berbagai program termasuk dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia memastikan bahwa penilaian ini dilaksanakan secara objektif, dan yang terpenting baginya penilaian dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan pelayanan dan mewujudkan Kabupaten Lampung Barat Hebat dan sejahtera.

“Adapun penilaian meliputi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan secara sinergi oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Selain itu, tujuan pelaksanaan lomba pekon, yakni mengevaluasi, menilai dan mendorong pemerintah pekon bersama masyarakat untuk menemukenali dan mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya,” imbuhnya.

Sementara dalam sambutannya, Camat Lumbokseminung Erwin Ardiansyah menyambut hangat kedatangan para tim penilai. Menurutnya Pekon Heniarong sebagai duta dari Kecamatan Lumbokseminung dalam ajang EPP tahun 2022 telah melakukan persiapan dengan baik, sehingga ia memastikan semuanya telah siap untuk dilakukan penilaian.

“Semuanya persiapan sudah maksimal, mudah-mudahan hasilnya juga akan maksimal sehingga menjadikan pekon ini menjadi pekon yang terbaik,” harapnya.

Dilain pihak, Camat Sukau Hadi Sutanto dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan dengan maksimal oleh masyarakat, pemerintah pekon serta stakeholder untuk menyambut agenda tahunan pemkab lambar tersebut. 

Namun, menurutnya, tujuan utama bukan untuk menang, akan tetapi bagaimana kegiatan itu dapat mendatangkan manfaat bagi pekon itu sendiri seperti semakin tertibnya administrasi, meningkatnya pelayanan pemerintahan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pemberdayaan

“Dan yang tak kalah penting dari kegiatan ini dapat melahirkan inovasi, membangkitkan potensi wilayah untuk kemajuan Pekon Bumijaya ,” pungkasnya.(edi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: