Tingkatkan SDM, Disporapar Lambar Bakal Bina 27 Pokdarwis 

Tingkatkan SDM, Disporapar Lambar Bakal Bina 27 Pokdarwis 

Medialampung.co.id - Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di kalangan penggiat wisata. Pemkab Lambar melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lambar tahun ini akan melakukan pembinaan terhadap kelompok sadar wisata (Pokdarwis).  

“Tahun ini kita akan kembali melakukan pembinaan terhadap 27 Pokdarwis yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Lambar,” ujar  Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Tri Umaryani, S.P, M.Si, Rabu (6/1)

Pembinaan yang dilakukan, kata Tri Umaryani, dengan turun langsung kelapangan memberikan pengarahan kepada Pokdarwis  dan terkait tata kelola dan manajemennya.  Selain itu,  pihaknya juga menampung aspirasi dari mereka seperti apa yang diinginkan mereka serta kendala-kendala yang dihadapi dilapangan.

Lanjut Tri, secara umum fungsi Pokdarwis dalam kegiatan kepariwisataan adalah sebagai penggerak Sadar Wisata dan Sapta Pesona di lingkungan wilayah di destinasi wisata, serta sebagai mitra pemerintah dalam upaya perwujudan dan pengembangan sadar wisata di daerah. 

Menurut dia, Pokdarwis memiliki peran penting dalam memajukan sektor pariwisata. Diharapkan masyarakat dapat menciptakan gerakan sadar wisata dan sapta pesona, yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Tujuan pembinaan antara lain selain untuk meningkatkan kapasitas SDM, juga untuk  meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Lambar,” pungkas dia. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: